oleh

JPU KPK: Keterangan Lutfi Mediansyah Terkait Aliran Proyek ke Sejumlah Instansi Tidak Jelas

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ariawan menegaskan bahwa untuk kesaksian Lutfi Mediansyah selaku Kasi Jalan Dinas PUPR Mesuji merangkap PPTK peningkatan jalan Dinas PUPR Mesuji belum bisa memberi jalan terang terkait aliran proyek Dinas PUPR Mesuji kemana saja. Keterangan yang diberikan Lutfi terkait sejumlah proyek lari ke instansi negara dianggap tidak jelas.

“Itu kan tadi tidak jelas, jadi hakim juga sudah mengklarifikasi dan dijawab JPU, bahwa itu tidak bisa dikatakan dikerjakan oleh Polda, oleh Kejaksaan,” ujarnya, Senin (29/4).

“Jadi kami harus mandalami dan itu keterangan masih bersifat satu jadi mendalami fakta-fakta yang ada,” sambungnya.

Lalu saat disinggung terkait kehadirian saksi kunci Bupati Mesuji Khamami pada persidangan minggu depan untuk membuka aliran proyek, Ariawan tak berkomentar secara rinci. “Ya nanti kita lihat dulu, yang jelas kita tahu alirannya kayak tadi aliran proyek bahwa aliran proyek mesuji ini sudah diatur dan sudah ada ploating,” ungkapnya.

“Kemudian ploting itu dilaksanakan dan proyek tersebut disematkan fee bagi para kontraktor yang disediakan,” lanjutnya.

Ariawan pun menjelaskan jika posisi Khamami memiliki posisi sebagai penerima bersama adiknya Taufik Hidayat. “Dari situ kita bisa lihat titiknya dan sudah dijelaskan oleh Lutfi memang ada pengadaan oleh eprok, tapi itu hanya sebuah proses formalitas karena sebelum tender sudah mengetahui yang menang, ini hal yang biasa bahwa adanya eprok tetap masih bisa dicurang,” tandasnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Sibron Aziz, Luhut Simanjuntak tidak mau memberi komentar terkait kesaksian Lutfi mengenai slot proyek Polda yang dikerjakan kliennya. “Kalau terkait catatan polda itu kami tidak memberi komentar yang jelas Haji Sibron tidak mengetahui ploting kepada Polda yang kemudian diberikan ke Haji Sibron,” sebutnya.

Saat disinggung apakah kunci jawaban di Khamami, Luhut menjawab untuk mendengarkan kesaksian Khamami langsung saja. “Rencananya minggu depan dihadirkan, kita dengarkan kesaksiannya,” pungkasnya. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi