oleh

Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Keluarga TKI

radarlampung.co.id – Kecamatan Kedondong menjadi penyumbang tenaga kerja Indonesia (TKI) nomor dua terbesar di pesawaran. dari 892 TKI, 221 di antaranya berasal dari wilayah tersebut.

”Dari data yang kami himpun di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pesawaran tahun 2018, Kedondong merupakan kecamatan penyumbang TKI terbesar. Sebanyak 90 persen adalah perempuan,” kata Kepala Dinas PPPA Pesawaran Binarti Bintang saat memberikan pembinaan kepada keluarga TKI di Kecamatan Kedondong, Senin  (29/4).

Bina keluarga TKI bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi, ketahanan dan kesejahteraan keluarga serta perlindungan anak keluarga TKI. Di mana, kebijakan pemerintah untuk memfasilitasi penempatan tenaga kerja ke luar negeri merupakan salah satu upaya mengatasi pengangguran.

”Kebijakan ini juga dalam rangka mewujudkan hak serta kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk memperoleh pekerjaan dan penghasilan yang layak,” sebut dia.

Selain meningkatkan kemandirian ekonomi, pembinaan keluarga TKI juga terkait dengan pola asuh anak. Ini untuk memastikan bahwa anak-anak yang ditinggalkan orang tuanya bekerja tetap mendapatan pengasuhan.

“Hal ini sesuai yang diamanatkan dalam UU Nomor 52/2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Kemudian Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 20/2010 tentang Panduan Umum Bina Keluarga TKI,” urainya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi