oleh

Rabu, KPU Tubaba Gelar Pleno Tungsura

radarlampung.co.id- Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan dimulai Rabu (1/5). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tubaba akan menggelarnya di Wisma Asri, Tiyuh Tirta Makmur, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, mulai pukul 10.00 WIB.

Ketua KPU Tubaba, Ismanto Ahmad mengatakan, Rapat Pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah selesai.”Terakhir tadi malam, yakni PPK Tulangbawang Tengah. Selanjutnya, mulai besok akan dilakukan pleno di tingkat KPU,”ungkapnya melalui telepon, Selasa (30/4) sore.

Menurutnya, pleno tersebut akan digelar terbuka dengan dihadiri saksi, pengawas dari Bawaslu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan pemantau pemilu.

”Rekan-rekan media, baik cetak ataupun elektronik juga bisa melihat langsung proses rekapitulasi tersebut,”ujarnya.

Dalam proses rekapitulasi tersebut, lanjut Ismanto, terlebih dahulu akan dimulai dari penghitungan suara pilpres, setelah itu disusul penghitungan suara DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Urutannya seperti itu, tapi tidak dihitung atau diselesaikan sekaligus perkecamatan. Artinya, terlebih dahulu dilakukan penghitungan suara pilpres untuk setiap kecamatan, setelah semua kecamatan selesai baru dilanjutkan penghitungan suara DPD hingga selesai di semua kecamatan, begitu seterusnya hingga DPRD Kabupaten,”terangnya.

Sesuai tahapan, jadwal rekapitulasi tingkat kabupaten dilaksanakan mulai 22 April sampai 7 Mei, namun dalam hal ini pihaknya belum bisa memprediksi berapa lama pleno kabupaten tersebut akan berlangsung.

“Tidak bisa diprediksi, tapi kemungkinan sebelum tanggal 7 Mei sudah selesai. Seandainya lebih, tidak masalah. Itukan dari tanggal 7 dimulainya, kalau belum selesai ya tetap dilanjutkan,”tutupnya. (fei/ded/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi