oleh

Kantor Bahasa Lampung Bina Komunitas Baca JSIT

radarlampung.co.id – Dalam rangka menunjang program Gerakan Literasi Nasional (GLN), Kantor Bahasa Lampung melakukan kegiatan Pembinaan Komunitas Baca Jaringan Sekolah Islam Terpadu Bandarlampung (JSIT), 30 April-1 Mei

Kegiatan yang dilakukan di SDIT Fitrah Insani Kedamaian, Bandarlampung, tersebut merupakan rangkaian kegiatan pembinaan komunitas baca yang dilaksanakan di beberapa kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Lampung.

Ratih Rahayu, M.Pd., ketua pelaksana kegiatan ini menjelaskan tujuannya yakni, guna meningkatkan minat baca dan kemampuan menulis anggota komunitas baca. Peserta akan dirangsang untuk dapat menulis kreatif berdasarkan pengetahuan, pengamatan, dan pengalaman mereka.

“Peserta kegiatan ini adalah 30 siswa SD yang merupakan anak-anak binaan Komunitas Baca JSIT Bandarlampung,” katanya, Rabu (1/5).

Menurutnya, Sekolah binaan JSIT yang mengikuti kegiatan ini ada enam sekolah, yaitu SDIT Permata Bunda 1, SDIT Permata Bunda 2, SDIT Permata Bunda 3, SDIT Fitrah Insani Langkapura, SDIT Fitrah Insani Kedamaian, dan SDIT Nurul Ilmi Aini. Setiap sekolah mengirimkan lima orang siswanya.

Pada kesempatan itu, narasumber dari Kantor Bahasa Lampung, Yuliadi M.R., M.Pd. memberi materi membaca komprehensif. Peneliti bidang sastra ini mengajak peserta untuk dapat membaca secara intensif maupun ekstensif serta berani menuangkan kembali informasi hasil pengalaman dan bacaan secara lisan maupun tulisan.

Narasumber lain, Fauzie Purnomo Sidi, S.Pd. memberi materi menggugah kesadaran berliterasi. Penulis cerita  rakyat yang berjudul Raden Mas Mangkudirija dan Bidadari ini   berusaha menggugah kesadaran peserta akan pentingnya membaca dan menulis.

Sementara Narasumber terakhir, Erwin Wibowo, M.Pd. memberi materi menulis kreatif bagi para peserta. Pada kesempatan itu, peserta diajak belajar membuat karangan berdasarkan pengalaman, pengamatan, imajinasi, hal yang disukai, dan apa yang telah dibaca.  (Rls/dna/kyd)



Komentar

Rekomendasi