oleh

Harga Bawang Putih Tinggi, Lampung Dapat Pasokan 30 Ton

radarlampung.co.id – Kementerian Perdagangan bersama Dinas Perdagangan dan TPID Lampung melakukan inspeksi mendadak (sidak) stok bahan pokok menjelang Ramadhan di Pasar Pasir Gintung, Kamis (2/5).

Kepala Badan Pengkajian dan Perkembangan Perdagangan Kemendag Kasan mengatakan, secara keseluruhan, harga bahan pokok relatif stabil. Beberapa memang naik, seperti bawang putih dan daging ayam.

“Umumnya (harga) relatif. Dua bahan yang harganya naik di distributor seperti bawang putih. Dari Rp45 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogram di tingkat eceran. Sedangkan ayam potong Rp40 ribu-Rp45 ribu atau naik sekitar Rp6 ribu,” kata Kasan.

Dilanjutkan, Kementerian Perdagangan sudah menambah pasokan bawang putih untuk Lampung sebanyak 30 ton. ”Bawang merah aman ya. Harganya turun menjadi Rp25 hingga Rp30 ribu. Kita juga berikan 30 ton bawang putih untuk stok awal sesuai kebutuhan dan sudah disebar. Rencananya akan ada penambahan,” sebut dia.

Kasan menyatakan kemungkinan harga bawang putih akan normal pertengahan bulan ini. “Insya Allah, pertengahan Mei, harga bawang putih sudah kembali normal menjadi Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per kilo,” sebut dia.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Lampung Satria Alam menyatakan stok bahan pokok untuk Ramadhan masih aman. ”Masyarakat tidak perlu khawatir, stok tersedia. Seperti beras, minyak, telur, gula daging dan lainnya. Kalaupun harga bawang putih naik, itu hanya hingga pertengahan Mei,” tegasnya. (mel/ais)



Komentar

Rekomendasi