oleh

Harga Bawang Putih Kian Menyengat, Satu Kilo Rp60 Ribu

radarlampung.co.id – Harga bawang putih di Tanggamus kian naik. Jumat (3/5), harga komoditas ini mencapai Rp60 ribu per kilogram. Ini seperti terjadi di Pasar Kotaagung. Sementara saat tim monitoring pemkab sidak, Jumat (26/4), harga bawang putih berkisar Rp45 ribu-Rp48 ribu per kilogram.

Menurut Nuri, salah seorang pedagang di pasar Kotaagung, kenaikan tersebut terjadi sejak sepekan terakhir. ”Ya, (kenaikan) sejak minggu lalu. Ini terjadi karena barang sedikit, sementara permintaan cukup banyak,” kata Nuri.

Ia memperkirakan kenaikan harga bawang putih tidak berlangsung lama. Sebab dirinya mendapat informasi stok bawang putih akan kembai tersedia, seiring masuknya bawang impor. “Infonya, pemerintah mau ada impor. Kalau stok banyak, harga bisa ditekan,” sebut dia.

Terkait kenaikan harga bawang putih dan merah, Pemkab Tanggamus akan berkoordinasi dengan Pemprov Lampung. Asisten Bidang Ekobang Setkab Tanggamus FB. Karjiyono mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk mencari solusi menekan harga bawang.

“Diskoperindag Tanggamus sudah berkoordinasi ke provinsi minta untuk operasi pasar. Provinsi bersedia karena ada stoknya,” kata ujar Karjiyono. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi