oleh

Hentikan Kekerasan Terhadap Jurnalis!

radarlampung.co.id – Gabungan jurnalis media cetak dan elektronik di Bandarlampung menggelar aksi damai dalam peringatan World Pers Fredoom Day atau Hari Kebebasan Pers Sedunia di Tugu Adipura, Bandarlampung, Jumat (3/5). Dalam kegiatan tersebut, diserukan perlindungan terhadap jurnalis yang kerap mendapat intimidasi saat bertugas.

Ketua AJI Bandarlampung Padli Ramdan mengatakan, kekerasan terhadap jurnalis, khususnya di Lampung hampir terjadi setiap tahun. Dalam dua tahun terakhir, tercatat lima kasus kekerasan.

”Hari ini kita mengikuti peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia. Kita ingin momentum ini menjadi bahan instropeksi, agar tidak ada lagi kekerasan terhadap jurnalis.

Sayangnya, terus Padli, jarang ada kasus yang sampai ke meja hijau. ”Jarang sekali para pelaku yang dituntut kemudian diadili. Pola seperti itu yang membuat pelaku kekerasan tidak jera, kemudian mengulangi. Terakhir, 1 Mei kemarin, ada kekerasan terhadap jurnalis yang sedang meliput May Day di Bandung,” tegasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi