oleh

Lamteng Bakal Bangun RPH

radarlampung.co.id. – Pemkab Lampung Tengah akan membangun rumah potong hewan (RPH). Jika RPH sudah terbangun akan dibuat payung hukum supaya sapi atau kerbau yang akan dikonsumsi dipotong di RPH.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan pemerintah daerah akan membangun RPH. “Kita akan bangun RPH. Kita akan paksa pemotongan sapi atau kerbau untuk konsumsi di RPH sehingga bisa menambah retribusi daerah. Payung hukumnya akan dibuat. Ini perlu kesepakatan bersama eksekutif dan legislatif,” katanya Jumat (3/5).

Feedloter yang besar di Lamteng, kata Loekman, ada RPH-nya sendiri tapi kemampuannya kecil. “Feedloter ada RPH, tapi kemampuannya kecil. Makanya mengirim hewan langsung ke Jakarta dan dipotong di sana. Ini kerugian kita. Di Jakarta sekarang sudah tertutup nggak ada RPH. Tapi, kirim di Tangerang dan dipotong di sana. Jika untuk keperluan konsumsi harus dipotong di sini,” ungkapnya.

Menanggapi rencana ini, Wakil Ketua II DPRD Lamteng Riagus Ria menyatakan legislatif sangat mendukung. “Rencana ini sudah bagus. Kita akan dukung dan mengkaji lebih dalam. Jangan sampai program pembangunan RPH sia-sia,” katanya. (sya/wdi)

Komentar

Rekomendasi