oleh

Jebol Program KB dan Penyuluhan Reproduksi di Tanggamus

radarlampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Tanggamus akan menerapkan program jemput bola (Jebol) ke pekon. Ini terkait program KB serta pelayanan dan penyuluhan reproduksi sehat.

Kepala Dinas PP dan KB Tanggamus Edison mengatakan, pelayanan jemput bola tiap pekon bertujuan agar masyarakat dapat merasakan pelayanan secara langsung tanpa harus mendatangi pusat pelayanan KB. Terlebih untuk wilayah yang jauh dari pusat pelayanan.

Program ini muncul karena masyarakat yang ada di wilayah terpencil juga perlu mendapatkan pemahaman, sehingga apa yang menjadi program pemerintah dapat tercapai.

“Selama ini, masyarakat datang untuk mendapatkan pelayanan. Saat ini, petugas lapangan KB berkoordinasi dengan kesehatan yang jemput bola. Ke pekon yang aksesnya jauh,” kata Edison.

Selain pelayanan KB serta memberikan pemahaman pentingnya kesehatan reproduksi, masyarakat juga akan mendapatkan penyuluhan.

“Saat ini ada petugas PLKB setiap kecamatan. Mungkin tidak hanya menyasar pekon di kecamatan itu saja. Nantinya juga bisa melaksanakan program jemput bola di kecamatan lain,” ujarnya.

Ia berharap melalui program tersebut, pelayanan di tingkat bawah dapat lebih terserap. Di sisi lain, pelayanan kepada masyarakat akan lebih cepat.

“Kita harapkan program KB dan penyuluhan reproduksi sehat ini dapat lebih digaungkan lagi melalui program tersebut,” tandasnya. (ehl/Iqb/ais)

Komentar

Rekomendasi