Provinsi Deteksi Cacar Monyet, Bandara Raden Inten Siapkan Thermal Scanner

Deteksi Cacar Monyet, Bandara Raden Inten Siapkan Thermal Scanner

Humas Bandara Raden Inten II Wahyu Aria Sakti. foto ist

radarlampung.co.id-Penyakit cacar monyet atau monkeypox muncul di Singapura. Penyakit itu muncul disebabkan virus yang ditularkan ke manusia dari hewan. Seperti tikus dan monyet.

Untuk mengantisipasi agar penyakit tersebut tidak masuk ke Indonesia, sejumlah bandara mengambil langkah proaktif. Termasuk Bandara Internasional Raden Inten II Lampung Selatan. Bandara yang juga dikenal dengan nama Branti ini mengaktifkan thermal scanner. Alat ini merupakan alat pemindai suhu tubuh.

Langkah ini diambil lantaran Branti sudah berstatus internasional. Meski penerbangan internasional ke Singapura belum terlaksana,  namun alat tersebut dipandang perlu sebagai early warning. Thermal Scanner memiliki fungsi mendeteksi suhu tubuh manusia diatas 38 derajat celsius.

Baca :   Lampung Harus Lebih Bangkit

Humas UPBU Internasional Radin Inten II Lampung Selatan,  Wahyu Aria Sakti mengatakan alat canggih tersebut kewenangan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Dan dipasang di pintu kedatangan internasional. “Iya kalau sudah jalan,  itu dari KKP yang punya kewenangan. Kalau tidak salah mode nya layar bukan scaner berbentuk seperti pistol, ” kata dia,  Selasa (14/5).

Baca :   Sepekan Dibuka, Pansel Tak Tahu Jumlah Pendaftar Lelang Sekprov Lampung

Dia mengaku pihaknya akan berkoordiansi dengan KKP terkait bagaimana bisa memonitor semua calon penumpang. “Umumnya sih yang dipantau ya penumpang penerbangan internasional. Tapi jelasnya nanti saya kordinasikan dulu. Yang jelas alat itu ada. Jadi Insya Allah Lampung aman dari virus ini kalau dari sisi udara,” ujarnya. (abd/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini