Ekonomi Bisnis Tiga Skema Pertamina Penuhi Kebutuhan BBM Lebaran

Tiga Skema Pertamina Penuhi Kebutuhan BBM Lebaran

FOTO ILUSTRASI INTERNET

Radarlampung.co.id – Pertamina telah melakukan persiapan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat Lampung selama periode Lebaran.

Senior Sales Ekskutif Wilayah IV Pertamina Lampung, Edwin Shabry mengatakan, berkaca di tahun sebelumnya pada libur lebaran, permintaan masyarakat terhadap Premium, Pertalite dan Pertamax akan meningkat sekitar 15 hingga 20 persen dari biasanya. Sedangkan kebutuhan Solar akan menurun sekitar 5 persen.

“Seperti tahun sebelumnya, kita akan tambah suply (BBM, red) ke lembaga penyalur. Disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Selasa (14/5).

Untuk ketahanan suply, lanjutnya, Pertamina membagi penyaluran BBM menjadi 3 skema. Pertama, penyaluran di jalur lintas regular atau jalur lintas tengah seperti Kalianda, Tarahan, By Pass Soekarno-Hatta sampai ke Natar, Lampung Selatan.

Pada jalur tersebut, Pertamina memastikan SPBU memiliki stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik dijenis BBM maupun bahan bakar khusus (BBK) pertamax, pertalite, pertamina dex dan dexlite.

Skema kedua yaitu jalur tol. Edwin mengatakan bahwa sejak 8 Maret 2019 lalu, Pertamina telah mengoperasikan 4 SPBU Modular, masing-masing berada di KM 87 A dan B (sisi kanan dan kiri), serta KM 115 A dan B. SPBU Modular tersebut menyediakan produk Pertamax dan Biosolar yang didistribusikan melalui dispenser. “Kemudian ada juga Pertamina dex dalam kemasan 10 liter per jurigen. SPBU Modular per tanggal 8 Maret, telah beroperasi secara normal,” tambahnya.

Bahkan, kata dia, Pertamina juga telah membangun Kios BBK untuk rest area di sepanjang Bakauheni hingga Terbanggi yang belum memiliki SPBU, seperti di rest area KM 20, KM 33, dan KM 49. Kios BBK tersebut menyediakan produk Pertamax dan Pertamina Dex.

Terakhir, yakni skema ketiga untuk penyaluran BBM di jalur wisata serta di titik-titik keramaian yang berpotensi terjadi kemacetan, seperti arah tempat wisata Pasir Putih dan daerah Pesawaran. Meski menurutnya jalur wisata baru akan padat pasca lebaran, namun Edwin mengatakan, Pertamina juga akan berusaha menjamin ketersediaan stok BBM.

“Kemudian kita juga menyediakan SPBU Motoris, untuk titik-titik berpotensi macet. Karena dikhawatirkan ada pengendara yang kehabisan bahan bakar di tengah kemacetan dan malah akan menambah kemacetan, jadi nanti Motoris yang akan menyalurkan bahan bakarnya untuk konsumen. Untuk memesan, konsumen hanya tinggal menghubungi call center Pertamina di 135,” pungkasnya. (ega/kyd)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini