Lampung Raya Pencegahan Korupsi, Tanggamus Masuk Katagori Baik

Pencegahan Korupsi, Tanggamus Masuk Katagori Baik

Rapat koordinasi tim Kosupgah Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Pemkab Tanggamus di rupatama setkab, Rabu (15/5). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID
Rapat koordinasi tim Kosupgah Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Pemkab Tanggamus di rupatama setkab, Rabu (15/5). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Koordinator Supervisi dan Pencegahan (Kosupgah) Wilayah III Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK) mendatangi Tanggamus, Rabu (15/5). Kunjungan tersebut dalam rangka rapat koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi terintegrasi 2019.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat utama (rupatama) Sekretariat Kabupaten Tanggamus ini dihadiri Bupati Dewi Handajani; Wakil Bupati A.M. Syafi’i; Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Dari KPK diwakili Ketua Satgas Kosupgah Dian Patria dan tiga fungsional.

Dewi Handajani mengatakan, Pemkab Tanggamus memiliki komitmen memberantas korupsi secara terintegrasi. Di mana, setiap kepala OPD dan pejabat struktural yang akan dilantik harus menandatangani pakta integritas. Isinya butir-butir komitmen terhadap pemberantasan korupsi dan melakukan pencegahan korupsi di wilayah kerja masing-masing.

Baca :   Tahap Awal, Pasang 25 Tapping Box di Tanggamus

Dalam pelayanan publik yang rentan terhadap budaya korupsi, secara aktif OPD melaksanakan pelayanan RATU (ramah, amanah, tegas dan unggul). ”Dalam setiap kesempatan, kami juga selalu mengajak untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktik korupsi, sehingga tujuan nasional maupun daerah dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta tepat sasaran,” papar Dewi Handajani dalam sambutannya.

Dilanjutkan, dalam upaya melaksanakan tata kelola pemerintahan yang efektif, pemkab terus mendorong pelaksanaan penyusunan anggaran melalui e-planning dan e-budgeting.

“Dalam hal peningkatan pelayanan publik, selain dengan melaksanakan konsep pelayanan RATU, kami juga upayakan pelayanan untuk dapat dikelola dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar masyarakat dapat memperoleh informasi dengan mudah dan tepat,” papar Bunda—sapaan akrab Dewi Handajani.

Baca :   DPC PDIP Pringsewu Dorong Pemkab Susun Rencana Induk

Sementara, Kepala Satgas Kosupgah KPK Dian Patria mengatakan, pihaknya akan memonitoring dan evaluasi pencegahan korupsi di Tanggamus. Berdasar skoring, kabupaten ini masuk dalam katagori baik.

”Kalau dilihat dari laporan 2018, Tanggamus ini cukup baik. Sudah biru warnanya. Tapi harus ditingkatkan lagi,” tegas Dian.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini