oleh

Cegah Daging Tak Layak Konsumsi, Dinas TPH Waykanan ‘Patroli’ di Pasar

radarlampung.co.id-Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan gencar melakukan pemeriksaan peredaran daging hewan di pasar. Hal ini untuk menegah beredarnya daging tak layak konsumsi.

“Kabupaten Way Kanan ini belum memiliki rumah pemotongan hewan. Sehingga hewan-hewan yang dipotong masyarakat secara sendiri-sendiri belum kita deteksi sejauh mana kesehatannya. Demikian pula dengan daging sapi, daging kambing ataupun daging hewan lain yang diedarkan di Waykanan ini masih banyak yang berasal dari luar daerah antara lain dari Bukit Kemuning Lampung Utara,” jelas Kepala Dinas TPH dan Peternakan Maulana, Jumat (17/5).

Deswanto salah seorang warga Blambangan Umpu Waykanan mengaku lebih tenang dengan kehadiran petugas yang rutin melakukan pemeriksaan daging. “Dengan melihat petugas dari Dinas TPH dan  peternakan Waykanan ke pasar saya ya menjadi yakin bila daging yang beredar ini adalah daging yang sehat untuk dikonsumsi masyarakat,” tegas Deswanto di Pasar KM2 Blambanganumpu.

Sugiharto salah satu pedagang daging ayam di pasar tersebut meminta agar calon pembeli dapat memperhatikan daging yang dipasarkan.

“Kalau ayam segar pasti darahnya pun masih terlihat segar. Begitu juga sebaliknya. Sementara daging yang sudah diberi pengawet selain bentuknya berbeda mungkin agak mengkilat. Jga lalat pun tidak akan mendekatinya,” katanya. (sah/wdi)



Komentar

Rekomendasi