Lampung Raya Ada Bakso Tanpa Izin Edar di Kedondong

Ada Bakso Tanpa Izin Edar di Kedondong

Pemeriksaan yang dilakukan tim terpadu BBPOM Bandarlampung, Pemkab dan Polres Pesawaran di Pasar Kedondong, Senin (20/5). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID  
Pemeriksaan yang dilakukan tim terpadu BBPOM Bandarlampung, Pemkab dan Polres Pesawaran di Pasar Kedondong, Senin (20/5). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID  

radarlampung.co.id – Sidak yang dilakukan Balai Besar POM (BBPOM) Bandarlampung bersama tim terpadu menemukan bakso kemasan tanpa izin edar yang dijual di Pasar Kedondong, Pesawaran, Senin (20/5).

Plt. Kepala BBPOM Bandarlampung Tri Suyanto mengatakan, bakso tersebut masih berizin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Padahal untuk produk yang diduga berasal dari pulau Jawa itu seharusnya dikeluarkan dan mendapat rekomendasi BBPOM.

Baca :   Siap-siap Pilkades Serentak di Pesawaran

“Masih ada juga produk tanpa izin edar seperti bakso. Seharusnya tidak boleh lagi PIRT, tetapi harus BBPOM. Nah, kita sidak bersama pemda dan Polres Pesawaran dalam rangka pengawasan pangan jelang Idul Fitri. Selain bahan pangan, juga kita ambil sampel makanan kuliner,” kata Tri Suyanto saat sidak.

Dilanjutkan, pihaknya akan menelusuri distributor bakso tersebut untuk wilayah Lampung. Selanjutnya akan dikoordinasikan dengan BBPOM di lokasi bakso tersebut diproduksi. ”Segera kita telusuri. Karena untuk bakso tidak boleh PIRT, harus izin BBPOM,” tegasnya.

Baca :   Ajukan Rp30 M untuk Pilkada Pesawaran

Selain memeriksa izin dan kedaluarsa produk makanan, tim terpadu juga mengambil sampel pangan dan kuliner. ”Dari hasil tes kit, sejumlah makanan seperti bakso, pacar cina, dan cendol aman. Bebas dari zat berbahaya seperti formalin dan borak,” sebut dia. (ozi/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini