oleh

Arus Mudik, Diskes Pesawaran Siapkan Tujuh Poskotis

radarlampung.co.id – Jelang arus mudik 2019, Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Kesehatan akan mendirikan poskotis pada sejumlah titik di jalan protokol. Tahun ini lokasinya bertambah dua titik.

“Tahun ini bertambah dua titik dari sebelumnya lima titik poskotis. Posko didirikan bersama kepolisian, Dishub dan pihak terkait. Jadi rencana ada 7 titik poskotis,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Selasa (21/5).

Harun mengungkapkan, penambahan dua titik ini akan didirikan di exit tol Masgar dan exit tol Desa Batang Hariogan, Kecamatan Tegineneng. Sedang titik lama poskotis terletak di simpang Tugu Peringatan, Tugu Kakao,  Poslantas Tegineneng, pintu masuk Mutun dan Ketapang.

“Paramedis atau petugas kesehatan yang bertugas harus mengantongi surat tanda lulus (STL) yang dikeluarkan oleh konsil dan surat izin kerja. Tenaga medis harus benar-benar kompeten sesuai latar belakang pendidikan mereka,” tegasnya.

Jika melihat pengalaman tahun lalu, pelayanan kesehatan yang dibuka selama arus mudik H-7 hingga H+7 dibuka 1×24 jam dengan sistem shift. Di mana, untuk piket pagi dan malam masing-masing akan ditugaskan sekitar empat tenaga medis dan driver ambulans.

“Makanya tenaga kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan akan terlibat dalam pelayanan di poskotis,” sebut dia. (ozi/ais)



Komentar

Rekomendasi