oleh

PT Pindad dan PT PAL Berpeluang Pindah ke Tanggamus

radarlampung.co.id – Tim Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan kembali mengunjungi Tanggamus. Rombongan  yang dipimpin Sekretaris Balitbang Kemenhan Brigjen TNI Abdullah Sani tersebut datang dalam rangka rapat koordinasi (rakor) terkait rencana relokasi Industri pertahanan di kabupaten itu.

Rombongan Balitbang Kemenhan  diterima Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Sekkab Hamid H. Lubis, Dandim 0424 Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, asisten, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega dan sejumlah kepala OPD.

Bupati Dewi Handajani mengatakan, Tanggamus kaya akan potensi dan bila dilihat dari topografi, cocok untuk dikembangkan sebagai sebuah kawasan industri pertahanan.

“Adanya industri pertahanan tentu akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat, dan semakin membuat Tanggamus dikenal. Tidak hanya nasional, tapi internasional kalau nantinya kawasan industri pertahanan jadi dibuat di Tanggamus,” kata Dewi dalam sambutannya.

Menurut dia, Pemkab Tanggamus akan berupaya melengkapi sejumlah persyaratan maupun proses administrasi agar kawasan industri pertahanan bisa berdiri di kabupaten itu.

“Apa yang menjadi kewenangan dari pemkab, kami siap. Tentunya perlu juga dukungan dari Pemprov Lampung,” tegasnya.

Sementara, Brigjen TNI Abdullah Sani mengatakan, perlu kajian mendalam  dan proses untuk membangun industri pertahanan yang baru di luar pulau Jawa. Terlebih, industri pertahanan merupakan hal yang vital bagi sebuah negara.

“Kita harus lepas dari ketergantungan asing. Penguatan teknologi harus kita pegang dan kuasai. Karena itu, kita harus berdayakan SDA dan SDM yang ada,” kata Abdullah Sani.



Komentar

Rekomendasi