oleh

Pertama di Lampung, Lambar Launching RAD Penanggulangan TBC

radarlampung.co.id – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus me-launching rencana aksi daerah (RAD) Penanggulangan Tubercolosis (TBC)  2019, Rabu (22/5). Kegiatan yang  berlangsung di sekretariat pemkab tersebut dihadiri 120 peserta dari lintas sektor.

Launching RAD penanggulangan TB menindaklanjuti Peraturan Bupati  (Perbup) Nomor 30 yang diklaim pertama di Lampung. Ini sebagai wujud komitmen pemerintah kabupaten dalam penanggulangan TBC. Kemudian mengintegrasikan dan menyelaraskan penanggulangan serta pengendalian TBC di daerah, yang dilaksanakan oleh lintas sektor.

Parosil Mabsus mengatakan,
tubercolosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tubercolosis. Dikenal juga sebagai bakteri tahan asam (BTA).

TBC masih menjadi momok bagi indonesia. Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, Indonesia menempati urutan ketiga negara dengan kasus TBC tertinggi di dunia.

“Karena itu, kita harus lebih giat melaksanakan gerakan temukan obati sampai sembuh (TOSS) TBC, yang memang sangat dibutuhkan dan perlu dipahami serta dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk memutus mata rantai penularan TBC,” tegas Parosil.

Pada 2017, terus Parosil, Dinas Kesehatan melaporkan terdapat 190 kasus. Tahun berikutnya sebanyak 281 kasus dan sampai dengan triwulan I 2019 telah ditemukan 83 kasus.

“Harus diketahui, jika penderita TBC tidak minum obat secara rutin dan tuntas sampai sembuh, maka akan mengakibatkan bakteri menjadi kebal terhadap. Oleh sebab itu, dalam kegiatan ini saya mengajak kita semua bersama-sama bergandengan tangan sesuai dengan yang telah kita tanda tangani, untuk berkomitmen mendukung pelaksanaan RAD,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Lampung Barat Paijo mengatakan,  launching RAD TBC ini atas dasar kebijakan program utama Kemenkes. Yakni mutu dan cakupan imunisasi,  stunting, serta TBC.

“RAD ini bertujuan mengintegrasikan dan menyelaraskan penanggulangan serta pengendalian TBC di Lampung Barat,” kata Paijo. (nop/ais)


Komentar

Rekomendasi