oleh

13 Bus di Lamteng Tak Laik Jalan

radarlampung.co.id. – Menjelang arus mudik Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Tengah melakukan pengecekan kelaikan kendaraan bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP). Hasilnya dari 34 unit bus ditemukan 13 unit tak laik jalan.

Plt. Kadishub Lamteng Syukur Kersana menyatakan pihaknya telah melakukan pengecekan kendaraan menjelang arus mudik Lebaran di Terminal Bandarjaya. “Sudah kita lakukan pengecekan. Dari 34 unit bus, ada 13 unit bus AKDP dan AKAP yang dinyatakan tak laik jalan. Kita sudah minta pihak PO bus melengkapi kendaraannya supaya laik jalan,” katanya Jumat (24/5).

Tidak laik jalannya 13 unit bus, kata Syukur, tidak ada izin angkutan, kartu pengawas bus (KPS), dan masa berlaku uji kendaraan atau KIR habis. “Ya, nggak ada izin angkutan, KPS, dan masa berlaku uji kendaraan atau KIR habis. Selain itu kondisi ban gundul, lampu kendaraan mati, dan tak ada sabuk keselamatan,” ujarnya.

Bus yang dinyatakan laik jalan, kata Syukur, dipasang stiker angkutan Lebaran. “Kita pasang stiker di depan bus yang laik jalan. Bagi yang belum melakukan perbaikan laik jalan, kita minta segera dilengkapi. Kalau tidak nggak dipasang stiker,” ungkapnya.

Karena itu, Syukur mengimbau pemudik menaiki bus yang telah dinyatakan laik jalan. “Kita imbau pemudik naik bus yang sudah dinyatakan laik jalan atau telah ditempel stiker angkutan Lebaran. Jangan naik yang tidak terpasang stiker! Ini demi keselamatan selama perjalanan. Mudah-mudahan perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan,” tegasnya. (sya/wdi)



Komentar

Rekomendasi