Lampung Raya Gorong-gorong di Semaka Diperbaiki Juni

Gorong-gorong di Semaka Diperbaiki Juni

Kerusakan gorong-gorong yang menghubungkan tiga pekan di Kecamatan Semaka, Tanggamus PUPR berencana melakukan perbaikan akhir Juni mendatang. FOTO UJI MASHUDI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Kerusakan gorong-gorong yang menghubungkan tiga pekan di Kecamatan Semaka, Tanggamus PUPR berencana melakukan perbaikan akhir Juni mendatang. FOTO UJI MASHUDI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanggamus akan memperbaiki  gorong-gorong rusak di Kecamatan Semaka, akhir Juni mendatang. Untuk perbaikan jalur yang menghubungkan Pekon Sukaraja dengan Kanoman tersebut, disiapkan anggaran sekitar Rp200 juta.

Kabid Bina Marga Bowo Nugroho mewakili Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi menjelaskan, penanganan gorong-gorong dilakukan melalui belanja modal pihak ketiga tahun 2019.

Pembangunannya memang tidak langsung dilakukan awal tahun. Sebab ada proses yang harus dilakukan terlebih dahulu. Mulai dari pengadaan jasa konsultansi, proses perencanaan teknis hingga pengadaan jasa konstruksi gorong-gorong.

“Artinya sejak 2018, Dinas PUPR telah telah memberi perhatian, dan ada rencana penanganan gorong-gorong tersebut. Insya Allah akhir Juni mendatang pengerjaan sudah bisa dimulai,” kata Bowo.

Baca :   Hamdalah, Jalan ke TPA Kalimiring Dibangun Tahun Ini

Bowo menambahkan, dalam pelaksanaan di lapangan, Dinas PUPR khususnya bidang Bina Marga tetap mengacu pada visi dan misi serta 55 program Aksi Asik Bupati-Wakil Bupati Tanggamus. Secara perlahan, semua yang berkaitan dengan visi dan misi serta program akan direalisasikan. Memang tidak serta  dilakukan dalam waktu singkat, kecuali sifatnya darurat.

“Seperti akses penghubung kecamatan yang jika tidak dilakukan perbaikan atau pembangunan akan melumpuhkan perekonomian serta tidak adanya alternatif lain. Hal seperti itu harus disegerakan,” tegasnya.

Diketahui, meski rusak rusak sejak  beberapa tahun terakhir, gorong-gorong di jalan Pekon Bangunrejo, Kecamatan Semaka belum diperbaiki. Ini menyebabkan lubang pada gorong-gorong yang rusak semakin lebar.  Tidak hanya itu. Akses jalan lintas dari Pekon Kanoman-Bangunrejo-Sukaraja terancam putus.

Baca :   Ini Tiga Puskesmas di Tanggamus Terbanyak Tangani DBD

“Sekarang lubangnya sudah semakin lebar dan jalannya mau putus. Tapi pemerintah belum memperbaikinya,” kata Khoiri, salah seorang warga.

Hal sama disampaikan Usman, warga lainnya. Menurut dia, sebelumnya warga sudah berupaya memperbaiki ruas jalan tersebut dengan menutup gorong-gorong yang berlubang menggunakan batang kelapa.

Saat ini kayu kelapa sudah rusak dan jalan kembali berlubang. “Sekarang sudah rusak lagi. Jalan itu kembali memakan korban. Belum lama ini, pengendara motor terperosok,” sebut dia.

Camat Semaka Suyanto mengatakan, pihaknya sudah sering menyampaikan kondisi gorong-gorong tersebut. Namun sejauh ini belum ada respon. (iqb/ehl/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini