oleh

Pilkakon di Semaka, Pekon Sri Purnomo Berpotensi Rawan

radarlampung.co.id – Jabatan 15 kepala pekon (kapekon) di Kecamatan Semaka, Tanggamus berakhir April lalu. Pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak akan dilaksanakan pada belasan pekon.

Camat Semaka Suyanto mengatakan, dari 22 pekon, 15 Pekon di antaranya bakal menggelar pilkakon. Pekon tersebut adalah Kacapura, Tugupapak, Sukajaya, Tugurejo, Sidodadi, Garut, Kanoman, Sudimoro Bangun, Sripurnomo, Karangagung, Tulungasahan, Srikaton, Pardawaras, Waykerap dan Margomulyo.

“Untuk Pekon Karangagung sudah diisi oleh Pj. Muryani dan Pekon Tulungasahan Pj. Hasan Basri. Sedangkan 13 pekon lainnya diisi oleh Plt. kepala pekon,” kata Suyanto.

Jika berkaca pada pilkakon sebelumnya, Suyanto menyatakan, wilayah yang berpotensi tidak kondusif adalah Pekon Sripurnomo. ”Kami berupaya mengantisipasi sejak awal. Memastikan tidak ada intimidasi dan pemaksaan kepada warga dalam menggunakan hak pilihnya. Ini dilakukan dengan memberdayakan personel kambtimbmas,” sebut dia.

Suyanto mengaku belum mengetahui kapan pelaksanaan pemilihan kepala pekon. Sebab belum ada surat edaran dari bupati. Meski begitu, Suyanto berharap pemilihan serentak kali ini bisa berjalan demokratis, kondusif, lancar, jujur dan adil.

“Harapannya, tentu terselenggara pilkakon yang jujur, adil dan demokratis, tanpa intimidasi. Kemudian terpilihnya kepala pekon definitif yang mampu mengemban amanah masyarakat,”  tegasnya. (uji/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi