oleh

APBDes 85 Pekon Rampung, Dana Desa Segera Cair

radarlampung.co.id-Sebanyak 85 Pekon (desa) dari total 299 Pekon di Tanggamus telah menyelesaikan penyusunan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes). Hal ini adalah syarat pencairan dana desa (DD) tahap pertama 2019. Berkas APBdes tersebut, saat ini telah di ajukan kepada Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD)

Kabid Pembangunan Dan Kelembagaan Pekon, Erlan Deni Saputra mendampingi Kepala Dinas PMD Idham Khalid menyampaikan, 85 Pekon yang telah selesai APBdes tersebut tersebar di 14 Kecamatan. Rinciannya sembilan pekon di Kecamatan Ulubelu, lima pekon di Kecamatan Pematang Sawa, 11 Pekon di Kecamatan Cukuh Balak, Semaka empat pekon, Talang Padang Sembilan Pekon, Pulau Panggung dua pekon, Kelumbayan delapan pekon, Kotaagung Barat satu pekon, Kotaagung 10 Pekon, Lima Pekon di Kecamatan Kelumbayan Barat, Wonosobo dua pekon, Kotaagung Timur 11 Pekon, dua Pekon di Kecamatan Gunung Alip dan enam pekon di Kecamatan Bandarnegeri Semuong.

“Yang pasti 85 pekon tersebut APBDesnya telah lengkap dan sudah kita serahkan ke Keuangan. Terkait kapan akan segera dicairkan kita tidak tahu pasti,”kata Erlan, saat dikonfirmasi radar Lampung.co.id minggu (26/5).

Baca :   Pemkab Tanggamus Proses Pemberhentian Kades Tersangka Korupsi Dana Desa

Ia menambahkan, masih ada 214 pekon lagi yang belum selesaikan persyaratan pencairan DD tahap I 2019. Untuk itu ia mengimbau kepada pekon-pekon tersebut agar segera menyampaikan APBDes dan persyaratan lainnya sehingga DD tersebut dapat segera direalisasikan.

“ada tujuh Kecamatan yang pekonnya belum selesaikan APBdes, kita harapkan segera diselesaikan agar supaya bisa disampaikan kepada keuangan, seperti pekon di Kecamatan Pugung, Gisting, Sumberejo, Bulok, Airnaningan, Gunung Alip serta pekon di Kecamatan Limau,”terangnya.

Baca :   Selewengkan Dana Desa, Oknum Kapekon di Cukuhbalak Ditahan

Terpisah, Plt Kepala BPKD Tanggamus Suaidi ketika dikonfirmasi untuk menanyakan apakah DD bagi 85 pekon tersebut telah direalisasikan tidak menjawab kendati ponsel dalam keadaan aktif, pesan singkat yang dikirim juga tak juga kunjung dibalas.

Sekedar diketahui total anggaran Dana Desa tahun ini bagi 299 pekon sebesar Rp 382,013 miliar. Itu berasal dari beberapa sumber, seperti dari Kementerian Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal sebesar Rp 293,682 miliar. Kemudian dari bagi hasil pajak Rp 2,940 miliar, dan dari bagi hasil retribusi Rp 423 juta. Serta sharing dana daerah APBD Tanggamus sebesar Rp 84,966 miliar, sehingga keseluruhannya mencapai 382 miliar lebih. (iqb/rnn/ehl/wdi)



Komentar

Rekomendasi