oleh

Ujian Masuk UIN RIL Dibagi Dua Sistem Seleksi

radarlampung.co.id- Sekitar 5.429 peserta mengikuti Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Selasa (28/5). Seharusnya peserta yang mengikuti UM-PTKIN UIN Raden Intan sebanyak 5.689 peserta. Peserta tersebut terbagi atas IPA sebanyak 147 peserta. Lalu IPS 4745 peserta, dan IPC berjumlah 797 orang. Namun tercatat peserta yang tidak hadir sebanyak 260 orang.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Syamsuri Ali mengatakan, UM-PTKIN UIN Raden Intan Lampung terbagi menjadi dua sistem seleksi. Yaitu seleksi manual atau tertulis dan sistem seleksi elektronik dengan komputer.

“Untuk seleksi elektronik peserta dibatasi hanya bisa 400 orang terbagi menjadi dua sesi. Peserta ini akan terseleksi berdasarkan nilai ranking nasional sesuai dengan kuota UIN di UM-PTKIN sekitar 2.500 orang. Soal juga menggunakan tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sebagai bukti untuk bisa masuk ke UIN, ujian yang dilakukan sangat selektif. Harapannya, semakin ketat ujian, kualitas mahasiswa juga akan semakin baik,”jelasnya usai meninjau pelaksanaan UM-PTKIN, Selasa (28/5).

Sementara, Pengawas UM-PTKIN dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Ratnasari Nurhayati Yusuf menuturkan, persiapan dari panitia UM-PTKIN UIN Raden Intan Lampung sangat baik. Sehingga, tidak ditemukan kendala saat pelaksanaan ujian.

“Pelaksanannya lancar. Hanya kesalahan teknis seperti tertukar soal, tapi sudah bisa diatasi dengan baik. Tentunya persiapan dari panitia ini juga sangat baik,” pungkasnya. (rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi