oleh

Bertemu Para Akademisi, Arinal Tegaskan Komitmen Bangun Pendidikan Lampung

radarlampung.co.id Gubernur Lampung Terpilih Arinal Djunaidi melakukan pertemuan dengan para rektor dan akademisi dari perguruan tinggi dan swasta di Bandarlampung Kamis (30/5) malam. Selain membahas tentang pendidikan, juga membahas terkait pembangunan Lampung kedepannya.

Arinal Djunaidi mengatakan, pihaknya siap mendukung pendidikan di Lampung, terutama dari sisi pendanaan, kebijakan serta koordinasinya dengan pusat, provinsi dan kabupaten. Menurutnya, suatu daerah terpandang, apabila anak-anak bangsanya berpendidikan.

“Lalu, bagaimana pendidikan masa depan, ini kan harus disesuaikan. Oleh karena itu saya serahkan kepada ilmuwan. Ilmuwan-ilmuwan ini yang akan mengurus, sehingga saya akan mensuport dari sisi pendanaannya, sisi kebijakannya, dan sisi koordinasinya dengan pusat, provinsi maupun kabupaten,” kata Arinal di RM Kayu Bandarlampung.

Baca :   Diskes Beber Kronologi Wafatnya Pasien Corona Asal Lambar

Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) Dr. Ir. H. M. Yusuf S. Barusman, MBA menuturkan, pihaknya akan mendukung kinerja gubernur dalam dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi.

“Kita sebagai akademisi,peguruan tinggi tentunya berkewajiban untuk berkontribusi kepada masyarakat maupun negara. Diminta atau tidak diminta, disukai atau tidak disukai, kita akan lakuka itu. Apalagi ini diminta oleh pak Gubernur. Itukan komitmennya makin besar lagi, berarti akan ada sinergi yang baik didukung oleh para akademisi, supaya pembangunan kita ini berbasis teknologi, dan ilmu pengetahuan,” terangnya.

Baca :   Diskes Beber Kronologi Wafatnya Pasien Corona Asal Lambar

Dikatakannya, di dalam perguruan tinggi, terdapat banyak cabang ilmu yang harus diberdayakan sesuai dengan konteksnya. Seperti, UBL mempunyai Lab teknik sipil terbaik di sumatera, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Misalkan, keluhan masyarakat, demokrasi, itukan dengan teknologi, kita bisa buatkan sistem online bagaimana masyarakat bisa berkomunikasi langsung dengan gubernur. Itukan partisipasi publik. Itukan semua ada di kampus. Tapi selama ini kan tidak terberdayakan,”tukasnya.

Senada, Rektor Itera Profesor Ofyar Zainuddin Tamin mengatakan, pihaknya mendukung penuh program kerja Arinal Djunaidi. “Kalau bila diperlukan sumber daya maupun sumbangsih ide dan gagasan, kita akan senang hati membantu,”kata Ofyar. (rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi