Berita Lainnya Waspadai Gelombang Tinggi Peralihan Musim

Waspadai Gelombang Tinggi Peralihan Musim

Seorang nelayan nekad melaut di tengah gelombang tinggi. Foto dibidik dikawasan pesisir Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu (8/6). FOTO M.Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Kepala Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Maritim Lampung Sugiono mengatakan, saat ini tinggi gelombang laut berbeda dari hari biasanya.

Hal ini dikarenakan masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau yang biasanya ditandai dengan hujan secara maupun angin kencang secara tiba-tiba sehingga sangat berpengaruh terhadap cuaca di daerah perairan.

“Misalnya, wilayah Barat (Pesisir Barat) atau bahkan daerah yang penghalang angin jarang terjadi seperti pantai yang pulau-pulaunya berjauhan juga akan terjadi gelombang tinggi akibat masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau,” kata Sugiono, Sabtu (8/6).

Meskipun pesisir pantai Bandarlampung tidak terlalu berpengaruh dengan masa peralihan tersebut. Namun, Sugiono mengingatkan bahwa kondisi semacam ini akan muncul pada waktu tertentu akibat masa peralihan  dari musim penghujan ke musim kemarau.

Karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang ingin berwisatawan di daerah pesisir pantai untuk tetap waspada karena cuaca tidak menentu.

“Kalaupun tetap kesana sebaiknya persiapkan diri sebaik-sebaiknya termasuk keamanan dan kesalamatan diri dan keluarga,” tandasnya. (gie/kyd)

Baca :   Waspada, Gelombang Tinggi Diprediksi Hingga Lima Meter

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini