oleh

Meski Pleno Selesai, Ternyata Situng Belum 100%

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hasil laporan C1 sertifikat dari tempat pemungutan suara (TPS) yang dapat diakses melalui situs sistem penghitungan (situng) KPU tak juga mencapai 100%. Termasuk di Lampung. Padahal, pleno tingkat nasional telah selesai.

Dari informasi yang dihimpun radarlampung.co.id, untuk data situng KPU Lampung sendiri baru data Pilpres yang telah mencapai 100%. Sementara data situng untuk Pileg DPR RI baru 98,27% dengan data yang dipindai 97,57%.

Kemudian data DPD RI telah dipindai 96,16%, DPRD Provinsi terentri 98,47% dan untuk dipindai 97,54%. Lalu DPRD kabupaten/kota telah terentri 98,28% dan dipndai 97,53%.

Baca :   KPU Kota: Jangan Realokasi Anggaran Sebelum Perppu Terbit

Namun, data situng yang belum selesai ini diyakini tidak berpengaruh dengan pleno yang telah selesai di tingkat nasional.

“Tidak ada pengaruh. Penghitungan resmi adalah yang manual,” sebut Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih melalui pesan WhatsApp-nya Minggu (9/6).

Handi menjelaskan, situng merupakan alat publikasi bahwa telah dilaksanakan pemungutan dan penghitungan suara serentak 2019, dengan hasil sebagaimana yang ada di situng.

Baca :   KPU Kota: Jangan Realokasi Anggaran Sebelum Perppu Terbit

Dengan demikian, lanjut dia, situng merupakan media transparansi pemilu. Di mana masyarakat juga peserta pemilu bisa tahu dan mencocokkan hasil pemilu dengan situng.

“Namun, bila ada kekeliruan dalam rekapitulasi suara, dapat dikontrol dengan yang ada di daring. Penghitungan manual merupakan penghitungan resmi KPU,” sambung Handi.

Komentar

Rekomendasi