oleh

Duh, Tiyuh Penumangan ‘Diserbu’Lalat

radarlampung.co.id-Masyarakat Tiyuh Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) resah. Penyebabnya banyak lalat di sekitar permukiman warga.

Kondisi ini diungkapkan Hari (30) warga setempat kepada radarlampung.co.id Senin (10/6) sore. Menurutnya lalat tersebut tak hanya aktif di siang hari. Tapi juga malam hari. Lalat masuk ke rumah dan hinggap di berbagai tempat.

“Bayangkan saja hewan ini biasanya hinggap di tempat-tempat yang kotor kemudian masuk ke rumah menempel di makanan atau minuman bahkan tubuh tubuh bayi yang sedang ditinggal oleh orang tuanya,” tambah Angga (34) warga lainnya.

Baca :   Tim Penilai LSS-UKS/M Provinsi Datangi SMAN 1 Talangpadang

Warga menduga penyebab munculnya lalat di sekitar tiyuh karena ada  tempat pembuangan akhir sampah tak jauh dari permukiman. Dugaan lainnya lalat berasal dari kandang ayam yang ada di seputaran Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

“Kami menduga kalau bukan karena tempat pembuangan akhir sampah yang berdekatan dengan teori ini, lalat tersebut muncul akibat dari adanya kandang-kandang ayam yang berdekatan dengan pemukiman kami,”keluh Angga.

Baca :   Ratusan Anggota PMR Tubaba Ikut Pelatihan Pertolongan Pertama

Permasalahan tersebut sebenarnya sudah disampaikan pihaknya melalui aparatur tiyuh setempat. Namun hingga kini belum ada penyelesaian meski kemudian lalat tersebut bertambah banyak. (fei/wdi)



Komentar

Rekomendasi