Pendidikan Sulpakar : Lampung Butuh Banyak Guru

Sulpakar : Lampung Butuh Banyak Guru

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar. FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id- Provinsi Lampung masih kekurangan ribuan guru Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala Disdikbud Provinsi Lampung Sulpakar mengungkapkan, berdasarkan data dari Disdikbud Provinsi Lampung, jenjang SMA masih membutuhkan sekitar 2745 guru. Sedangkan SMK masih membutuhkan 1378 guru produktif atau guru yang memiliki keahlian.

“Jadi kita masih membutuhkan banyak guru untuk memenuhi kebutuhan guru SMA dan guru produktif SMK. Terutama guru produktif SMK, karena memang sangat banyak kekurangan. Setiap tahun kita selalu usulkan kekurangan guru,” kata Sulpakar di ruangannya, Rabu (12/6).

Baca :   Infografis : 12 PR Menunggu Arinal-Nunik

Ia mengungkapkan, kekurangan guru bisa disebabkan karena banyaknya guru yang memasuki usia pensiun. Kemudian penerimaan guru berstatus PNS juga tidak banyak. Sehingga, untuk menutupi kekurangan guru PNs tersebut, diberdayakan guru non pns untuk mengajar.

“Ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Lampung, tetapi secara nasional. Kalau tahun ini, di Lampung, guru yang memasuki usia 60 tahun ada sekitar 315 guru. Jadi untuk menutupi kekurangan, diberdayakan guru non pns ini,” jelasnya.

Baca :   Beban APBD Lampung Bakal Dibahas di Perubahan

Untuk diketahui, jumlah guru SMA ataupun SMK yang berstatus PNS sebanyak 7.507 orang, guru non PNS berjumlah 5.218 orang. Sedangkan, kekurangan guru SMA mencapai 2.745 serta guru produktif SMK sebanyak 1.378 orang. (rur/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini