oleh

Bukan Malaysia, Ini Negara Favorit TKI Asal Mesuji

RADARLAMPUNG.CO.ID – Mengadu nasib di luar negeri masih cukup menggiurkan bagi sejumlah warga Mesuji. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Mesuji mencatat sebanyak 120 warga setempat berangkat ke luar negeri untuk mengadu nasib menjadi tenaga kerja Indonsia (TKI).

“Jumlah tersebut terhitung dari Januari hingga Mei 2019,” ujar Sekretaris Disnakertrans Mesuji Arif Arianto pada Radarlampung.co.id, Jumat (14/6).

Adapun negara tujuan TKI mengadu nasib yakni Hongkong, Malaysia, Taiwan, dan Singapura. Mayoritas TKI yang berangkat berjenis kelamin perempuan. “Mereka bekerja di sektor informal dan hanya sebagian kecil saja yang bekerja di sektor formal,” ucapnya.

Baca :   Disnakertrans Mesuji Nantikan SK Gubernur Terkait UMK

Menurutnya, Taiwan menjadi negara tujuan favorit bagi TKI asal Mesuji. “Alasan paling banyak memilih bekerja di Taiwan karena gajinya lumayan besar,” tutur Arif

Tak hanya pertimbangan ekonomi, menurut Arif masyarakat memilih bekerja menjadi TKI ada juga yang diajak sanak saudara.

“Kita dari Disnakertrans Mesuji selalu mendorong agar tenaga kerja kita lebih mengutamakan kedisiplinan dalam bekerja di negeri orang. Kita pun selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi mengantisipasi praktik calo illegal yang bisa saja memanfaatkan calon TKI,” jelasnya. (muk/sur)



Komentar

Rekomendasi