oleh

Desakan KLB, Demokrat Lampung Tunggu Perintah SBY

radarlampung.co.id – Munculnya desakan dari beberapa senior dan pendiri Partai Demokrat (PD) untuk segera digelar Kongres Luar Biasa (KLB) turut direspon DPD Partai Demokrat Lampung.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung Fajrun Najah Ahmad mengatakan, untuk melakukan KLB tentu ada aturan yang harus dijalani terlebih dahulu.

“Ya masukan dari para senior itu tentu kita terima dengan baik. Evaluasi memang hal yang wajar saja dilakukan pasca kontestasi politik. Tapi kalau alurnya langsung ke Kongres Luar Biasa, ya kurang tepat juga. Partai kan punya aturan-aturan. Tidak bisa tiba-tiba KLB,” jelas Fajar sapaannya, Sabtu (15/6).

Fajar hanya memastikan seluruh pimpinan dan kader Partai Demokrat di Lampung hanya taat dan patuh pada perintah Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai. “Saya jamin seluruh pimpinan dan kader Partai Demokrat di Lampung hanya taat dan patuh pada apa yang diperintahkan Pak SBY,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang diluncurkan para senior dan pendiri PD yang tergabung dalam Presidium Gerakan Moral Penyelamat Partai Demokrat (GMPPD) untuk dilakukan evaluasi terkait menurunnya perolehan suara partai pada pileg 2019 merupakan hal yang lumrah.

“Kita pasti lakukan berbagai evaluasi pasca kontestasi politik. Kami di DPD PD Lampung dan 15/DPC PD se-Lampung juga lakukan evaluasi pasca pileg lalu. Guna menemukan kelemahan, kekurangan dan apa saja yang jadi penyebab turunnya perolehan kursi dan suara partai,” tambahnya.

Langkah ini sekaligus memantapkan langkah-langkah untuk menghadapi delapan pilkada pada 2020. Namun menurut Fajar, tidak ada yang mengarah pada upaya penggantian pimpinan partai.

“Karena ada mekanisme tersendiri untuk soal itu (pergantian pimpinan partai). Maka, saya sesalkan usulan para senior yang mendesak dilaksanakannya KLB Partai Demokrat sebagai bagian dari evaluasi,” tandasnya. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi