oleh

Disdikbud Minta Masyarakat Kontrol PPDB SMP

Radarlampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandarlampung memastikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilaksanakan secara jujur dan transparan.

Kepala Disdikbud Kota Bandarlampung Daniel Marsudi mengatakan, pada penerimaan yang dilakukan secara online maupun offline dapat diawasi masyarakat luas. Terlebih, saat ini menggunakan aplikasi yang memungkinkan seluruh lapisan masyarakat dapat memonitornya.

“Sekarang ini kan sudah menggunakan aplikasi. Semua bisa monitor dan dapat dikontrol oleh masyarakat. Kalau terjadi kesalahan dapat langsung akan diperbaiki. Dan ini akan benar-benar dilakukan secara zonasi,” kata Daniel, Sabtu (15/6).

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP M. Badrun mengungkapkan bahwa operator dan panitia PPDB telah menandatangani pakta integritas. Artinya, jika melanggar tata tertib atau petunjuk teknis yang ada, siap menerima sanksi dari kesalahan tersebut.

“Kalau tidak sesuai dengan aturan ya di sanksi. Tapi Insya allah, panitia tidak akan berani main-main, karena sudah ada pakta integritas yang ditandatangani. Kalau sampai di input lalu tidak sesuai dengan alamat orangtua, masyarakat akan protes juga,” katanya.

Ia menambahkan, sebelum pengumuman siapa saja yang akan diterima di suatu sekolah, akan ada verifikasi akhir untuk kembali mengecek jika ada kesalahan input.

“Setiap harinya akan ada verifikasi dari masing-masing sekolah. Nah sebelum pengumuman, di dinas akan ada verfikasi akhir dari data-data. Misalkan, ada salah alamat atau tidak, anak ini harusnya masuk jalur ini kok melalui jalur ini. Jadi akan dicek kembali,” pungkasnya. (rur/kyd)



Komentar

Rekomendasi