oleh

Perbaikan Jembatan Diprediksi hingga Tiga Minggu

radarlampung.co.id – Perbaikan jembatan penghubung antara kabupaten Mesuji, Lampung, dengan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) yang jebol diperkirakan rampung paling lama tiga sampai empat bulan ke depan.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIX, Inshal menjelaskan bahwa setelah melakukan pengangkatan kendaraan yang terjebak di jembatan, Senin (17/6), pihaknya akan mendatangkan tim Direktorat Jembatan, Selasa (18/6) untuk datang meninjau dan mengecek kondisi jembatan yang ambruk seluas satu segmen atau 5×6 meter tersebut.

”Jadi besok ada teman-teman dari tim Direktorat Jembatan yang akan datang, barulah nantinya akan dicek dan dihitung apakah bisa ditangani permanen langsung atau tidak. Karena untuk sistem penggantian lantai jembatan dilakukan dengan sistem precast,” kata Inshal, Senin (17/6).

Selain itu, sambungnya, timnya juga akan berkoordinasi dengan pembuat yaitu PT Wika yang ada di Tegineneng. Jika disana ada stoknya, maka kemungkinan waktu perbaikan akan lebih cepat.

”Kalau tidak ada kami akan membuat lebih dahulu paling lama tiga minggu, tapi kalau ada stoknya seminggu bisa ada disini. Tapi kami harus lihat kerangkanya (jembatan) juga, karena ini saya lihat kerangkanya sudah banyak yang bengkok-bengkok kerangka baja bagian bawahnya,” tambahnya.

Terlebih, umur kerangkanya cukup tua dan sudah dibuat sejak 1992. Namun untuk plat lantainya baru diganti 2017 lalu. Meskipun denikian, Inshal mengungkapkan kondisinya dalam keadaan baik. ”Ya cuma karena beban muatan berlebihan ada salah satu yang tidak kuat menahan makanya jatuh,” tandasnya.

Untuk prediksi sementara Inshal mengungkapkan jika perbaikan dilakukan secara permanen maka waktu perbaikannya bisa sampai satu bulan. Sementara bila barang ada maka pengerjaan bisa sampai tiga minggu hingga selesai. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi