oleh

Genjot PAD dan Disiplinkan ASN, Arinal Sidak ke Bapenda

radarlampung.co.id – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Selasa  (18/6) pagi. Ini dilakukannya guna melihat kedisiplinan ASN dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Lampung.

Dalam menjalankan tugas ASN, kata Arinal, Bapenda harus memahami dan mengusasi bidangnya masing-masing. “Ketika masuk menjadi pegawai, ASN harus mengetahui tugas dan fungsi terhadap Badan Pendapatan Daerah serta menguasai bidang dan poksi masing masing, baik pegawai atau pemegang jabatan sehingga tidak bisa dibohongi dan tidak mau membohongi,” papar Arinal.

Untuk itu, Arinal meminta Bapenda meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan bersama sama membangun Provinsi Lampung, namun tetap dalam pengawasannya sebagai Gubernur.

“Ke depan saya ingin kita tingatkan PAD kita, maka dari itu berikan masukan kepada Pemerintah Provinsi agar bisa membantu meningkatkan PAD. Ini bukan hanya tugas pegawai Bapenda saja, namun ini adalah tanggungjawab saya sebagai Gubernur. Insya Allah APBD kita yang semula Rp400 miliar per tahun bisa kita tingkatkan menjadi Rp12 Triliun pertahunnya,” ujar Arinal.

Arinal menyebut Bapenda harus profesional, dan menjaga keseimbangan antara program dan kesiapan program. Sebab hal itu menentukan tingkat inflasi suatu daerah.

Dirinya pun berpesan pada seluruh ASN di Bapenda untuk berhati-hati dalam menjalankan tugas agar tidak keliru dalam bertugas.

“Saya berpesan kepada seluruh ASN untuk berhati-hati mengemban dan menjalankan tugas dan jabatan. Jabatan adalah wilayah kekuasaan, apabila keliru melakukan tata kelolanya itu merupakan awal dari keserakahan. Orang pandai pasti pintar tapi orang pintar belum tentu pandai. Oleh karena itu jadilah pandai,” tandasnya.

Dia berharap banyak dengan Bapenda sebagai organisasi profesional yang berurusan dengan PAD. “Pegawai Bapenda harus menunjukkan kinerja yang baik untuk mendapatkan PAD yang tinggi. Mulai hari ini bersama sama kuasai dan kenali medan tugas sehingga tugas bisa berjalan dengan baik. Kalian sudah mendapatkan insentif yg tinggi. Untuk itu kinerja juga harus lebih bagus dibanding yang lain,” pungkas Arinal.

Gubernur juga mengajak ASN Bapenda ikhlas dalam pengabdian dan jujur dalam tindakan sehari hari dalam menjalankan tugas. Dalam sidak ini, Gubernur Arinal, juga memuji kebersihan yang di miliki Kantor Bapenda dengan melihat kondisi toilet umum yang bersih dan kedisiplinan pegawai cleaning servis. Arinal minta agar kebersihan Kantor terus dijaga. (rma/rls/kyd)



Komentar

Rekomendasi