oleh

Pantai Dipenuhi Sampah, Ini Harapan Nelayan Payang Sukaraja

radarlampung.co.id – Salah satu nelayan Payang Sukaraja memimpikan Pesisir Sukaraja yang menjadi lokasi mata pencaharian warga mencari rezeki dapat bersih dari sampah.

Hal ini diungkapkan Aat (38) salah satu nelayan payang di Pantai Sukaraja. Dia mengaku telah melihat tumpukan sampah sejak lahir di daerah tersebut. “Ya kami berharap pantainya bersih, tidak banyak plastik. Jadi nelayannya juga enak nyari ikannya,” sebut Aat.

Aat juga mengeluhkan ihwal sampah yang memang terus datang ke pinggir Pantai Pesisir Sukaraja. Pasalnya, sampah tersebut bukan dari masyarakat sekitar yang tinggal disekitar pantai. Melainkan terseret ombak dari aliran sungai yang akan meluap dan membawa sampah terutama saat hujan.

”Untuk yang buang sampah bukan dari warga sini, tapi dari mana-mana. Karena ada muara kan, jadi kalau hujan keluar ke tengah (sampahnya) dan sampahnya kebawa arus, kalau masyarakat disini kalau buang sampah kan ada tong sampah,” sambung Aat.

Sampah di Pesisir Pantai Sukaraja ini menurut Aat tak pernah habis. padahal setiap Jumat warga bergotong royong membersihkannya. “Iya kalau banyak sampah keganggu, ikannya jadi sedikit, kebayakan sampah yang kejaring,” tandasnya.

Sementara Kadis Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Bandarlampung Erwin mendukung niatan Wagub Lampung yang menginjan Pesisir Pantai Sukaraja menjadi sebuah Wisata. Namun Erwin juga meminta pemberdayaan masyarakat sekitar dilakukan.

”Kami sifatnya akan mendukung rencana Pemprov untuk merubah Pesisir Pantai Sukaraja ini menjadi lokasi wisata. Namun kami berharap masyarakat sekitar untuk diberdayakan juga dalam pengelolaan wisatanya,” sebut Erwin.

Dia memberikan contoh karena kebanyakan warga sekitar Pesisir Pantai Sukaraja ini merupakan nelayan payang. Maka aktivitas menangkap ikan di pagi atau sore hari bisa dinikmati wisatawan yang hadir. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi