Lampung Raya Pokdarwis Tanggamus Dibekali Tata Kelola Wisata Dinas

Pokdarwis Tanggamus Dibekali Tata Kelola Wisata Dinas

Kepala Disbudparpora Tanggamus Retno Noviana Damayanti memberikan pemaparan terkait pengelolaan destinasi wisata oleh Pokdarwis. FOTO HANIBAL BATMAN/RADARLAMPUNG.CO.ID
Kepala Disbudparpora Tanggamus Retno Noviana Damayanti memberikan pemaparan terkait pengelolaan destinasi wisata oleh Pokdarwis. FOTO HANIBAL BATMAN/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Tanggamus memberikan pelatihan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) empat kecamatan. Kegiatan tersebut berlangsung di Taman Wisata Muara Indah Kecamatan Kotaagung, Selasa (18/6).

Peserta pelatihan berasal dari Pokdarwis Kecamatan Kotaagung, Cukuhbalak, Limau dan Pematangsawa. Materi yang diberikan terkait tata kelola destinasi wisata.

Kepala Disbudparpora Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, kegiatan dengan biaya dari dana alokasi khusus (DAK) nonfisik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini diperuntukkan pembinaan kelompok sadar wisata.

“Kita tidak henti-hentinya berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Bagaimana cara memperlakukan tamu yang berkunjung ke tempat wisata,” kata Retno.

Baca :   Kaji Pola Penanganan Sampah di Pasar Kotaagung

Dilanjutkan, kegiatan serupa telah dilaksanakan di Gisting dengan melibatkan Pokdarwis Kecamatan Gisting, Gunung Alip dan Sumberejo.

Selain kegiatan pelatihan, lanjut Retno, untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata Tanggamus, pihaknya juga akan melakukan pelatihan terkait pengolahan kuliner khas Tanggamus yang juga melibatkan pokdarwis.

” Makanan-makanan khas Tanggamus juga menjadi daya tarik bagi pengunjung. Tinggal sekarang bagaimana mengemasnya lebih menarik lagi, sehingga tidak hanya SDM-nya saja, tetapi faktor pendukungnya juga perlu kita perhatikan. Sebab ini saling berkaitan,” terangnya.

Baca :   Kasus Pencurian Kabel LPJU di Tanggamus Terkendala Saksi

Sementara, narasumber kegiatan Yaman menerangkan, pelatihan tersebut sebagai upaya untuk membantu pemerintah mengangkat dan memberdayakan Pokdarwis agar supaya dapat mengelola objek wisata dengan baik. Pokdarwis merupakan pemilik sah suatu destinasi wisata. Berkembang atau tidaknya suatu objek wisata tentu tidak terlepas dari peran Pokdarwis.

“Karena arahnya saat ini sedang melakukan pengembangan wisata desa dan berbanggalah Tanggamus memiliki objek wisata berskala nasional seperti Teluk Kiluan. Tentunya potensi wisata tersebut harus dikelola dengan baik. Salah satunya peningkatan SDM bagi Pokdarwis, sehingga ke depan wisata Tanggamus akan lebih maju lagi,” tegasnya. (iqb/ehl/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini