oleh

Target 2.000 Ha Sawah di Pesawaran Masuk AUTP

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran menargetkan 2.000 hektare sawah tercover asuransi usaha tani padi (AUTP). Hal itu dimaksudkan untuk menjamin masa tanaman padi kembali bagi petani jika terjadi kegagalan panen

“Untuk 2019 ini, kita targetkan 2.000 hektare sawah tercover asuransi. Tentunya, melalui kelompok tani dan prosesnya dilaksanakan secara ketat sehingga tepat sasaran,” kata Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N. didampingi Kabid PSP Andi Jaya, Rabu (19/6).

Menurut dia, asuransi usaha tani padi dapat memberikan jaminan terhadap kerusakan tanaman akibat banjir, kekeringan, serta serangan hama dan penyakit tumbuhan atau organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Sehingga petani bisa memperoleh ganti rugi sebagai modal kerja untuk keberlangsungan usaha taninya.

Ganti rugi diberikan kepada peserta AUTP terhadap kerusakan tanaman padi yang dipertanggungkan dengan syarat umur padi sudah melewati 10 hari setelah tanam, umur padi sudah melewati 30 hari serta Intensitas kerusakan mencapai lebih kurang 75 persen dan luas kerusakan mencapai 75 persen pada setiap luas petak alami.

“Sekitar 350 petani sudah mendaftar secara online. Kita hanya mendampingi pihak Jasindo atau fasilitasi,” ujarnya

Dijelaskan, total premi asuransi sebesar Rp180 ribu per hektare. Di mana, dari premi tersebut mendapat subsidi pemerintah pusat sebesar Rp144 ribu per hektare dan sisanya Rp36 ribu merupakan swadaya petani.

Calon peserta atau polis asuransi adalah petani yang memiliki lahan sawah dan melakukan usaha budidaya tanaman padi pada lahan paling luas dua hektare atau petani penggarap yang tidak memiliki lahan usaha tani dan menggarap lahan sawah paling luas dua hektare.

“Program AUTP yang disubsidi pemerintah itu ada kuotanya. Nah, premi yang harus dibayar mandiri oleh petani sebesar Rp36 ribu per hektare dan per satu kali masa tanam. Jika dua kali musim tanam dalam setahun, maka Rp36 ribu dikali dua dan dikali luasan hektar sawahnya,” urainya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi