Bandarlampung Dugaan Malapraktik, IDI Bakal Panggil Dokter dan Keluarga Pasien

Dugaan Malapraktik, IDI Bakal Panggil Dokter dan Keluarga Pasien

Batin Sinar (83), yang masih tergolek lemas dengan luka menganga pascaoperasi, Rabu (19/6). Ia menjalani perawatan di Ruang Mawar RSUDAM. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID
Batin Sinar (83), yang masih tergolek lemas dengan luka menganga pascaoperasi, Rabu (19/6). Ia menjalani perawatan di Ruang Mawar RSUDAM. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandarlampung akan memanggil dokter dan keluarga Batin Sinar (83), pasien yang diduga menjadi korban malapraktik. Ini menindaklanjuti laporan ke Ombudsman Perwakilan Lampung.

Ketua IDI Cabang Bandarlampung dr. M. Aditya Biomed mengatakan, jika laporan tersebut sudah ada, maka dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat anggota untuk pemanggilan kedua belah pihak.

Tujuannya mengkonfirmasi dr. Dewi Arum, yang mengoperasi Batin Sinar dan keluarga pasien. “Bisa kedua-duanya. Bisa jadi kita panggil dari dokter atau beliau yang lapor. Kita rapat pengurus dulu. Iya, beliau (dr. Dewi Arum, Red) anggota IDI,” kata Aditya, Kamis (20/6).

Baca :   Membaik, Korban Laka di JTTS Belum Mau Ditemui

Ia juga mengimbau agar tidak mudah menyimpulkan masalah ini sebagai malapraktik. “Mungkin kita harus lebih bijaksana dan tidak gampang menuduh malapraktik. Kalau memang ada masalah (dengan anggota IDI), saya siap membantu. Jika ini masalah etik, bisa ke ranah hukum,” urainya.

Terkait perawatan pasien, Aditya menyarankan langsung meminta pendapat dokter bedah. “Memang harusnya dokter bedah yang argumen. Tapi kalau melihat usia pasien, mungkin saja ada penyakit penyerta. Jadi banyak faktor yang memengaruhi. Tapi ya, dibuktikan saja. Apalagi Ombudsman sudah datang,” kata dia. (mel/ais)

Baca :   Kondisi Mulai Membaik, Sultan Menunggu Jadwal Operasi

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini