Pemilu 2019 Pilwako Bandarlampung 2020 : Demokrat Siap Koalisi, Ini Kadernya yang Dijagokan

Pilwako Bandarlampung 2020 : Demokrat Siap Koalisi, Ini Kadernya yang Dijagokan

ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id-Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Keadilan Sejahtera mulai menjajaki koalisi di kontestasi Pemilihan Walikota Bandarlampung 2020. Menyikapi sinyal koalisi dua parpol ini, Partai Demokrat turut angkat bicara.

Ketua DPC Demokrat Bandarlampung, Budiman AS mengatakan pihaknya masih menunggu tahapan pelaksanaan pilwakot. Namun, Budiman memberi sinyal PD membuka peluang masuk dalam koalisi yang tengah dijajaki Gerindra dan PKS.

“Untuk saat ini masih menunggu tahapan dimulai. Tapi, pada dasarnya kita membuka diri untuk koalisi. Selagi memang partai lain satu arah dengan kita. Yang punya kesamaan visi dan misi dengan kita, ” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Kamis (20/6).

Mantan Ketua DPRD Bandarlampung ini mengatakan, memang dari partainya belum menetapkan kader untuk diajukan sebagai Calon Walikota.

Kendati demikian ada beberapa nama potensial. Diantaranya, Imer Darius (Wakil Ketua DPRD Lampung), M.Yusuf Kohar (Wakil Wali Kota Bandarlampung), Hartarto Lojaya (Anggota DPRD Lampung) serta dirinya sendiri.

Baca :   Demokrat Siapkan Nama Isi Jabatan Wabup Lamtim, Siapa Orangnya ?

“Kalau untuk kandidat, secara resmi memang belum. Tapi ya beberapa nama potensial seperti yang saya sudah sebutkan. Kalau saya, bergantung seperti apa perintah partai, ” kata dia.

Diketahui, Demokrat Bandarlampung mendapatkan 38.700 suara dalam pileg tahun ini,l dan mendudukkan lima kursi di DPRD Bandarlampung.

Sebelumnya, Ketua DPD PKS Bandarlampung, Aep Saripudin mengatakan, pihaknya sudah melakukan penjajakan koalisi keumatan bersama DPC Gerindra Bandarlampung. Komunikasi dilakukan bersama Ketua DPC Andika Wibawa dan bendahara Imam S Soegiarto.

Dia menjelaskan jika PKS dan Gerindra bersatu maka akan menjadi koalisi yang layak diperhitungkan. Hal ini lantaran kedua parpol ini merupakan pemenang kedua dan ketiga pada Pileg Bandarlampung 2019 dengan total 26, 10 persen suara. Masing-masing Gerindra 13, 10 persen (68.445 suara) dan PKS 13 persen (68.275 suara). PKS pun mendapatkan jatah enam kursi, sementara Gerindra 7 kursi.

Baca :   PKS Tawarkan Empat Kadernya Dampingi Bunda Eva di Pilwakot Bandarlampung

“Dari fakta itu, masing-masing partai bisa mengajukan kadernya sebagai calon wali kota ataupun wakil. Bisa dari PKS Calonnya, bisa juga Wakilnya. Begitu sebaliknnya. Nanti semua mengerucut pada waktunya, ” terangnya, Rabu (20/6).

Aep melanjutkan ke depan juga bakal melakukan penjajakan-penjajakan ke parpol lain. Kecendeeungan koalisi akan diupayakan sebagaimana koalisi Pilpres. “Terlebih jika PAN dan Demokrat juga bisa bergabung seperti koalisi Pilpres. Tentu akan mendongkrak suara, ” kata dia.

Diketahui DPC Partai Gerindra Bandarlampung menjagokan dua nama ke Pilwakot Bandarlampung 2020, yakni Andika Wibawa dan Rahmat Mirzani Djausal. (abd/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini