oleh

Pilwako Bandarlampung 2020 : PKS-Gerindra Jajaki Koalisi, Ini Kader yang Disiapkan

radarlampung.co.id-Mesin partai politik jelang pemilihan walikota Bandarlampung 2020 mulai dipanaskan.

DPD PKS Bandarlampung menyiapkan empat nama kandidat untuk maju dalam Pilwakot Bandarlampung 2020. Ke empat nama tersebut yakni Almuzzamil Yusuf (Ketua DPP PKS/DPR-RI), Ahmad Mufti Salim (Ketum DPW PKS Lampung/DPRD Propinsi), Ade Utami Ibnu (Sekum DPW PKS Lampung/DPRD Propinsi) dan Muchlas Ermanto Bastari (Waketum DPD PKS Bandar Lampung/DPRD Kota).

Ketua DPD PKS Bandarlampung, Aep Saripudin mengatakan, pihaknya sudah melakukan penjajakan koalisi keumatan bersama DPC Gerindra Bandarlampung. Komunikasi dilakukan bersama Ketua DPC Andika Wibawa dan bendahara Imam S Soegiarto.

Dia menjelaskan, jika PKS dan Gerindra bersatu maka akan menjadi koalisi yang layak diperhitungkan. Hal ini lantaran kedua parpol ini merupakan pemenang kedua dan ketiga pada Pileg Bandarlampung 2019 dengan total 26, 10 persen suara.

Masing-masing Gerindra 13, 10 persen (68.445 suara) dan PKS 13 persen (68.275 suara). PKS pun mendapatkan jatah enam kursi, sementara Gerindra 7 kursi.

“Dari fakta itu, masing-masing partai bisa mengajukan kadernya sebagai calon wali kota ataupun wakil. Bisa dari PKS Calonnya, bisa juga Wakilnya. Begitu sebaliknya. Nanti semua mengerucut pada waktunya, ” terangnya, Rabu (20/6).

Aep melanjutkan ke depan juga bakal melakukan penjajakan-penjajakan ke parpol lain. Kecenderungan koalisi akan diupayakan sebagaimana koalisi Pilpres. “Terlebih jika PAN dan Demokrat juga bisa bergabung seperti koalisi Pilpres. Tentu akan mendongkrak suara, ” kata dia.

Diketahui DPC Partai Gerindra Bandarlampung menjagokan dua nama ke Pilwakot Bandarlampung 2020, yakni Andika Wibawa dan Rahmat Mirzani Djausal. (abd/wdi)



Komentar

Rekomendasi