oleh

Arinal-Nunik Ngulek Bumbu Ketoprak

radarlampung.co.id – Berbagai macam perlombaan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polda Lampung. Sejumlah petinggi Polda dan pejabat  Lampung turut berpartisipasi pada kegiatan yang berlangsung di Mapolda setempat, Jumat (21/6).

Gubernur Lampung Arinal dan Wagub Nunik -sapaan akrab Chusnunia- turut meramaikan dengan mengikuti lomba membuat ketoprak. Dari pantauan, keduanya menyelesaikan satu porsi makanan tradisional tersebut dalam waktu 20 menit.

Beberapa bahan ketoprak pun diambil Arinal dan Nunik. Misalnya saja yang diambil Arinal, mulai bawang putih, kacang goreng, tauge, gula merah, cabai 5 biji, lontong, kerupuk, kecambah, bihun, timun dan telur. Tak jauh berbeda, Nunik juga mengambul sejumlah bahan mulai timun, telur goreng dan telur rebus, bihun, kecap, asem jawa, tahu, tempe, lontong, gula merah, kacabg goreng, tauge, bawang goreng dan kerupuk.

Usai mengambil bahan, keduanya mengulek bumbu di masing-masing ulekan yang telah disediakan. Sekitar 10 menit, bumbu-bumbu pun halus dan telah jadi.

Berbeda tampilan hasil keduanya, jika hasil ketoprak milik Arinal bahan-bahan seperti tauge, bihun, tahu, dan timun di aduk menjadi satu. Sementara milik Nunik, bumbu ketoprak yang telah diulek disiram ke bahan-bahan yang telah ditata mulai lontong, bihun, tahu tempe, tauge, dan bawang goreng dipercantik dengan kerupuk dan telur yang ditata rapih untuk mendapatkan penilaian juri yang telah ditentukan pihak Polda.

Tak hanya lomba memasak, ada pula lomba volley ball, lomba tarik tambang, lomba lari karung, lomba estafet belut. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi