oleh

BPKAD Tuba Terapkan e-Sapen

radarlampung.co.id – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulangbawang (Tuba) menerapkan Elektronik Surat Penyediaan Dana (e-Sapen) dalam proses pengelolaan Keuangan Daerah. e-Sapen merupakan sistem proses penerbitan Surat Penyediaan Dana (SPD) yang dilakukan secara online.

Kepala BPKAD Tuba Dr. Rustam Effendi, SE, M.Si, Akt CA, CMA mengatakan, e-Sapen merupakan terobosan baru dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Melalui e-Sapen ini mulai dari proses usulan berkas sampai dengan penerbitan SPD dilakukan secara elektronik, sehingga proses penerbitan SPD menjadi lebih cepat, efektif dan efisien.

“Prinsip dasar dari e-Sapen ini adalah yang pertama, percepatan proses sehingga proses penyerapan anggaran menjadi tepat waktu,” kata Rustam, Minggu (23/6).

Kedua, sambungnya, upaya mewujudkan pelayanan pengelolaan keuangan yang transparan, efisien, baik, bersih, dan menghindari terjadinya gratifikasi. Dan Ketiga, meningkatkan kinerja dan akuntabilitas Pemerintah Daerah.

Kepala Bidang Anggaran, Ferdi, SH, MH menambahkan bahwa dengan diterapkannya e-Sapen ini akan semakin menjamin pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanalkan menjadi tepat waktu.

“Dengan percepatan proses SPD melalui e-Sapen ini diharapkan semua program kegiatan yang telah dianggarkan dalam APBD khususnya 25 program Pemerintah Kabupaten Tuba dengan slogan Bergerak Melayani Warga (BMW) dapat terlaksana tepat waktu, optimal dan berkualitas,” tambah Ferdi. (fei/kyd)

Komentar

Rekomendasi