oleh

Evaluasi PPDB, Jumlah Sekolah Bakal Sesuaikan Luas Daerah

Radarlampung.co.id – Penyesuaian pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi turut menjadi perhatian Pemprov Lampung. Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemprov akan mengevaluasi Luas daerah dengan jumlah sekolah.

Hal ini misalnya terjadi di Natar, Lampung Selatan. Di mana di kecamatan ini sekolah negeri yang tersedia SMAN 1 dan 2 Natar. Namun antar sekolah cukup jauh, jika SMAN 1 Natar di Jl. Dahlia III, sementara SMAN 2 Natar di Pancasila, Kecamatan Natar.

Jika dibandingkan dengan luasnya Kecamatan Natar, maka dipastikan siswa akan sangat ketat untuk mendapatkan kursi di sekolah negeri tersebut.

Disinggung soal ini, Kadisdikbud Lampung Sulpakar mengaku telah mempersiapkan rencana penambahan sekolah.

”Rencana pasti ada tapi untuk syarat pendirian unit baru minimal persiapkan lahan 2 Hektar. Nah inilah yang sedang kami upayakan, karena sampai saat ini belum dapat. Baik itu berbentuk hibah ke masyarakat atau kita beli akan kita rencanakan kemudian,” kata Sulpakar, Minggu (23/6).

Dia menyatakan jika memang di Natar Sekolah Negeri belum cukup akan di tambah. Namun untuk penambahannya akan di evaluasi berapa idealnya. ”Yang pasti kita upayakan adanya penambahan sekolah SMA di Natar ya,” sambungnya.

Namun, Sulpakar mengingatkan di Natar masih ada sekolah swasta yang siap menampung. Dirinya menekankan tidak perlu khawatir untuk bersekolah di swasta. Pasalnya pemerintah saat ini tidak membedakan sekolah negeri maupun swasta.

Bahkan, Sulpakar menyarankan kepada anak-anak yang akan melanjutkan Sekolah menengah atas dan tinggal di sekitar Natar bisa mengambil opsi untuk mendaftar ke daerah Tegineneng, Pesawaran maupun ke Bandarlampung. (rma/kyd)



Baca :   Pemprov Jatim Serap Ilmu Perencanaan Elektronik di Lampung

Komentar

Rekomendasi