oleh

Nama Bacalon Wali Kota PKS Masih Bisa Berubah

radarlampung.co.id – Ketua DPD PKS Kota Bandarlampung Aep Saripudin menyatakan, kandidat bakal calon (bacalon) Wali Kota dari partainya yang sudah beredar dipastikan masih bisa berubah. Pernyataan ini disampaikan Aep saat memberikan sambutan pada acara halalbihalal PKS di pondok pesantren Al Firdaus, Kemiling, Bandarlampung, Minggu (23/6).

Saat ini empat nama bacalon walikota dari PKS yang beredar dipublik antara lain Al Muzzammil Yusuf (anggota DPR RI), Ahmad Mufti Salim (Ketua DPW PKS Lampung), Ade Utami Ibnu (Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung), dan Muchlas E. Bastari (Wakil Ketua DPD PKS Bandarlampung).

“Dari empat nama tersebut, PKS tidak menutup kemungkinan memunculkan nama lain. Karena proses penetapan bacalon menjadi calon Wali Kota masih cukup panjang, bisa saja terjadi perubahan nama saat proses berjalan,” ujar Aep.

Dia melanjutkan, proses penetapan bacalon menjadi calon dari PKS perlu beberapa tahap. Pertama, ada tahap diskusi pengurus PKS Bandarlampung dengan para senior partai, ulama dan tokoh masyarakat. Ditahap ini, PKS mendengarkan masukan dan saran dari mereka tentang siapa bacalon yang layak dan menungkinkan diusung oleh PKS menjadi calon walikota.

Lalu ada tahapan pemilihan raya (pemira) kader PKS Bandar Lampung. Ada juga tahap lobi-lobi politik dengan partai lain, karena PKS tidak bisa mengusung calon walikota sendirian.

“Jika sudah mengerucut menjadi 2 atau tiga nama, PKS Kota akan memberikan rekomendasi nama-nama tersebut ke pengurus provinsi atau DPW PKS Lampung untuk kemudian dilakukan fit and proper test, atau uji kepatutan dan kelayakan. Terakhir, nama terpilih akan dikirim ke DPP untuk ditetapkan dan dikeluarkan SK-nya menjadi calon Wali Kota usungan PKS,” jelasnya.

Aep berharap, dalam Pilwakot 2020  ada kader PKS yang dapat maju bertarung, entah itu sebagai calon walikota maupun calon wakil walikota. “Insya Allah kader-kader PKS berkualitas, apalagi PKS punya modal pada pemilu legislatif lalu sebagai partai pemenang ketiga di Bandarlampung dengan raihan 68 ribuan suara. Ini sudah cukup membuktikan kami siap all out pada pilwakot 2020,” tandasnya. (dna/kyd)



Komentar

Rekomendasi