oleh

Indah, Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar di TNBS

radarlampung.co.id – Bunga Rafflesia Arnoldi muncul di Pesisir Barat, tepatnya di Resort Sukaraja Pal 50, Camp Rhino Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Kecamatan Bengkunat. Puluhan bunga raksasa ini siap mekar.

Tim Reaksi Cepat (TRC) TNBBS yang juga pengurus Rhino Protection Unit (RPU) Yayasan Badak Indonesia (Yabi) Hendra Wijaya mengatakan, bunga Rafflesia Arnoldi mulai mekar sejak beberapa hari lalu. Kemudian masih banyak bonggol bunga yang siap mekar dalam dua atau tiga hari sampai dua minggu ke depan.

”Jumlahnya puluhan. Baik yang ada di atas tanah maupun menempel di batang pohon,” kata Hendra, Senin (24/6).

Saat ini, ada tiga bunga yang sudah mekar sempurna. Sedangkan bonggol bunga yang masih kuncup dan siap mekar ada sekitar lima. Lalu di atas pohon dan menempel di batang serta sekitar 10 bakal bunga.

“Bunga rafflesia di TNBBS ini tidak jauh dari perbatasan Tanggamus. Setiap bulan ada yang mekar. Sebab kawasan ini merupakan plot atau habitat bunga Raflesia,” urainya.

Rafflesia Arnoldi ini merupakan tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar. Bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Tanaman ini tumbuh pada jaringan tumbuhan merambat dan tidak memiliki daun, sehingga tidak mampu berfotosintesis.

Sementara, Kasatnarkoba Polres Lambar Iptu Junaidi yang menyempatkan diri berkunjung melihat bunga Rafflesia di TNBBS mengimbau seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga dan merawat bunga tersebut. ”Kami imbau warga jangan merusak dan ikut menjaga bunga Raflesia ini,” ujarnya. (yan/ais)

Komentar

Rekomendasi