oleh

PDIP Lamteng Diminta Mandiri, Loekman Singgung Peluang Beternak Bebek Potong

RADARLAMPUNG.CO.ID – Beternak bebek potong merupakan peluang usaha sangat besar dengan modal kecil. Hal ini diungkapkan Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto dalam acara halalbihalal DPC dan PAC PDIP Lamteng di rumah Beguwai Jejamo Wawai, Jalan Lingkar Barat, Kampung Bumimas, Kecamatan Seputihagung.

“Beberapa hari lalu, saya audiensi dengan Dirjen Peternakan Kementerian Peternakan dan Perikanan. Ada peluang usaha yang bisa dilakukan secara umum di Lamteng. Peluang sangat besar dengan modal kecil. Yakni beternak bebek potong,” kata Loekman.

Beternak bebek potong, kata Loekman, tidak memerlukan lahan yang luas. “Lahan nggak perlu luas. Bebek potong dipelihara seperti ayam potong selama 40 hari. Risiko kegagalannya juga kecil. Sekarang ini secara nasional bebek potong baru 60.000 ton. Baru terpenuhi 40 persen terpenuhi,” ujarnya.

Loekman juga menyatakan dirinya akan bertemu dengan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Saya akan bertemu dengan rektor UGM dalam waktu dekat ini. Kita akan didampingi pihak UGM untuk menyusun program desain yang cocok dilaksanakan di Lamteng. Sudah lama saya usulkan ke presiden membangun Kawasan Industri Ikan Terpadu di Kecamatan Bandarsurabaya,” kata dia.

“Di situ sudah ada dermaga pelabuhan dan cold storage. Nanti dibangun pasar, perumahan nelayan layak huni, SPBU, fasilitas perbankan, dan normalisasi sungai Way Seputih yang dangkal. Anggarannya sekitar Rp600 miliar. Presiden sudah tertarik,” sambungnya. (sya/sur) 

Komentar

Rekomendasi