oleh

Siapkan Demplot Melon dan Semangka di Hortipark  

radarlampung.co.id – Pengembangan kawasan Hortipark  sebagai pusat edukasi bidang pertanian di Desa Negerisakti, Gedongtataan terus dikebut. Dalam waktu dekat, demplot untuk tanaman Melon dan Semangka serta Alpukat segera ditanam di atas lahan seluas enam hektare.

“Menindaklanjuti kerja sama dengan PT Great Giant Fruit (GGF). Mudah-mudahan dalam waktu dekat, budidaya Melon, Semangka dan Alpukat akan direalisasikan di kawasan Hortipark,” kata Kepala Bidang Tanaman Hortikultura Sarwoko mewakili Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama, Senin (24/6).

Nantinya, mulai dari pembibitan dan green house akan disiapkan oleh pihak perusahaan. Selain pengembangan kawasan Hortipark, kelompok tani di wilayah Gedongtataan akan digandeng sebagai plasma.

“Ke depan, petani plasma didampingi PT GGF untuk budidaya Melon dan Semangka. Untuk pemasaran dijamin oleh GGF,” ucapnya.

Dilanjutkan, selain demplot tanaman Melon dan Semangka, saat ini lahan seluas 5000 m2 atau 1/2 hektare sudah ditanami Kakao untuk calon indukan yang berasal dari Jember, Jawa Timur.

“Untuk petani plasma Melon dan Semangka akan dipelajari terlebih dahulu dari kontur tanah yang cocok. Tentunya harus mendapat respon positif dari petani,” tegasnya.

Sarwoko menuturkan, dari sekitar tujuh hektare hamparan luas Hortipark, nantinya diperuntukan untuk budidaya Melon dan Semangka serta tanaman lain. ”Saat ini Kakao sudah ditanam di Hortipark seluas setengah hektare. Mudah-mudahan untuk budidaya Melon dan Semangka kerja sama dengan PT GGF segera terealisasi dalam waktu dekat,” pungkasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi