oleh

Buka Manasik Haji, Ini Pesan Bupati untuk CJH Waykanan

radarlampung.co.id – Sebanyak 204 calon jamaah haji (CJH) Waykanan mengikuti manasik haji di Islamic Center setempat, Selasa (25/6). Kegiatan yang dibuka Bupati Raden Adipati Surya ini dihadiri sejumlah pejabat.

Raden Adipati Surya menyatakan, manasik haji sangat penting untuk diikuti CJH. Dalam kegiatan ini diberikan materi terkait rangkaian rukun maupun berbagai sunnah yang dilakukan selama ibadah haji.

“Selamat kepada seluruh jamaah yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Bapak ibu

sudah selayaknya bersyukur kepada Alah SWT. Sebab masih banyak di antara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat, tetapi harus tertunda karena berbagai hal,” tegas Raden Adipati.

Raden Adipati juga berharap seluruh CJH memiliki kesadaran, tanggung jawab, dan integritas sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi, serta mengajak amar ma’ruf nahi munkar.

Dengan begitu, sepulangnya dari melaksanakan ibadah haji, mendapatkan predikat haji yang mabrur. Di mana, kemabruran haji ini berdimensi vertikal dan horizontal.

”Dimensi vertikal ditandai dengan meningkatnya kesalehan personal. Sementara dimensi horizontal ditunjukkan dengan makin meningkatnya kesalehan sosial. Dari kedua dimensi itulah, kita semua yang telah menunaikan ibadah haji hendaknya mampu menyeimbangkan antara kesalehan personal dan sosial,” tegasnya. (sah/ais)

Komentar

Rekomendasi