oleh

Untuk Petugas Puskesmas, Fungsikan Diri Sebagai Pelayan, Bukan Raja!

radarlampung.co.id – Puskesmas merupakan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat, sekaligus membina peran serta masyarakat. Di samping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

”Pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas merupakan pelayanan yang menyeluruh yang meliputi pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan),” kata Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dalam peresmian gedung baru UPT Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (25/6).

Dilanjutkan, puskesmas juga mempunyai peran yang sangat vital sebagai institusi pelaksana teknis. Karena itu, dituntut memiliki kemampuan manajerial dan wawasan jauh ke depan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Agus mengungkapkan, dengan peresmian gedung UPT tersebut, diharapkan pelayanan masyarakat di wilayah kerjanya bisa semakin baik. ”Saya juga berharap seluruh petugas, dari tenaga administrasi sampai tenaga medis yang berada di Pesisir Barat untuk berkelakuan baik, sopan, ramah dalam bertutur kata. Kemudian fungsikan diri sebagai pelayan, bukan sebagai raja,” tegasnya. (try/ais)

Komentar

Rekomendasi