oleh

Lamsel Gelar Pilkades, 4 Kecamatan Rampungkan Hitung Suara

radarlampung.co.id-Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) telah menyelesaikan Pilkades serentak di 131 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

Hasil sementara, baru 4 kecamatan yang sudah melaporkan hasil perhitungan suara, diantaranya Katibung, Sidomulyo, Kalianda, Penengahan.

Untuk di kecamatan lain, masih dalam proses perekapan dan ada yang sudah selesai di rekap.

Salah satunya yang ada di Desa Sabahbalau Kecamatan Tanjungbintang Lamsel, nomor urut satu Pujianto berhasil mengungguli calon lain meraih 1.349 suara, disusul Supiyanto yang mendapatkan 955 suara, Medi Saputra 825 suara, Damar Pribadi 246 suara dan Nano Supriyanto 219 suara. Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 5.269 pemilih. Dari jumlah DPT yang hadir sebanyak 3.617 pemilih sedangkan yang tidak hadir sebanyak 1.652 pemilih.

Pada Pilkades tersebut, ada satu desa yang meraih suara yang sama yakni di Desa Pauh Tanjung Iman Kecamatan Kalianda. Dimana, Dua Kandidat nomor urut 01 Amiludin dan nomor urut 02 Maharuddin yang ada di Desa tersebut meraup perolehan jumlah suara masing-masing sebanyak 352 suara.

Menanggapi hal tersebut, Camat Kalianda Erdiyansah menjelaskan, jika terdapat permasalahan seperti itu, pihaknya akan mengacu kepada peraturan daerah (Perda) No. 6 tahun 2015 tentang Pemerintahan Desa dan Badan Permusyawarahan Desa.

“Kami akan melakukan seleksi sesuai dengan Perda.  Nanti Pihak Otda akan memberikan petunjuk. Rencananya akan dilakukan Seleksi pembobotan dan tertulis. Nanti ada tim seleksinya yang akan didampingi langsung dari Pemkab,” ungkap Erdy, kamis (27/6).

Terpisah, Kepala Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Lampung Selatan, Setiawansyah membenarkan ada desa yang meraih perhitungan suara yang sama. Saat ini, Tim sedang menyeleksi siapa dari kedua calon tersebut yang layak memimpin desanya.

“Nanti biar tim seleksi yang menentukan, kedua Kades akan diseleksi lagi, baik tertulis maupun seleksi lainnya,” pungkasnya. (yud/wdi)

Komentar

Rekomendasi