oleh

Potensi Lampung Sangat Ideal Jadi Ibu Kota Negara RI

radarlampung.co.id – Diskusi Nasional II Pemindahan Ibu Kota Negara dengan mengangkat tema Menuju Ibu Kota Aman, Lestari dan Sejahtera yang dilaksanakan di Bappenas, Jakarta, Rabu (26/6), langsung direspon berbagai pihak. Terutama setelah munculnya Lampung sebagai salah satu daerah yang dirasa pantas menjadi Ibu Kota Republik Indonesia yang baru.

Menurut Insiator FGD (Forum Grup Diskusi) DKI Lampung Dr. Andi Desfiandi bahwa dari makalah Prof.  Mudrajad Kuncoro yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), memberikan alternatif Lampung sebagai Ibu Kota Negara. Bahkan Lampung memang dinilai ideal melihat potensi yang ada.

”Saya sangat mengapresiasi dan juga bersyukur bahwa Lampung pada akhirnya dimasukkan dalam pembahasan daerah alternatif calon ibu kota RI, seperti air dingin yang masuk tenggorokan disaat kehausan di tengah padang pasir. Apalagi dari beragam aspek atau kriteria calon Ibu Kota Negara RI yang ideal bisa dinilai Lampung memiliki potensi yang paling ideal dari kriteria-kriteria yang diharapkan oleh Pemerintah,” kata Andi, Kamis (27/6).

Andi melanjutkan, sebagai warga Lampung dan juga sebagai salah satu penggagas Lampung untuk menjadi Ibu Kota negara tentunya berterima kasih kepada seluruh para pejuang DKI Lampung dan berbagai pihak yang terus konsisten memperjuangkan pindahnya Ibu Kota ke Lampung.

”Karena kami memiliki keyakinan apabila Lampung di sisi timur di kawasan timur  dipilih sebagai ibu kota negara yang baru, kemaslahatan yang akan diterima bukan hanya untuk Lampung tapi untuk Indonesia. Kami berharap suatu saat akan diberi kesempatan untuk berdialog dalam  diskusi terbuka mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing daerah yang menjadi alternatif calon ibu kota negara yang baru,” tambahnya.

Sebab, pemilihan Ibu kota Negara yang baru harus benar-benar objektif dan rasional bukan keputusan diambil berdasarkan keputusan politis apalagi untuk kepentingan kelompok tertentu. Pihanya juga berharap apa yang telah perjuangkan ini didukung sepenuhnya oleh masyarakat Lampung dan mayoritas rakyat Indonesia.

”Dan tentunya kami juga berharap Bapak Gubernur Arinal akan bergerak cepat meresponse peluang ini, apalagi beliau memang sudah menyatakan secara terbuka di Mahan Agung pada pidato pertama beliau setelah pelantikan bahwa beliau akan berjuang untuk mewujudkan Lampung menjadi ibu kota negara RI. Pak Arinal dikenal dengan kelugasan dan tindakan yang cepat serta terukur dan kami sangat yakin beliau pasti bereaksi cepat juga untuk mewujudkan hal tersebut,” tambahnya.

Andi berharap, semoga Lampung terpilih untuk menjadi Ibu Kota Negara RI yang baru dengan konsep kota yang “Smart, Green, Beautiful & Sustainable” sesuai dengan rencana Presiden dalam rapat terbatas kabinet pemindahan Ibukota Negara.

Untuk diketahui dalam Diskusi Nasional II Pemindahan Ibukota Negara dengan mengangkat tema Menuju Ibu Kota Aman, Lestari dan Sejahtera telah dilaksanakan di Bappenas, turut dihadiri sebagai Pembicara dan Pembahas Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjoneggoro, Kepala Kantor Staf Presiden Jend. TNI (Purn) Moeldoko, Perwakilan dari Kementerian Kehutanan & Lingkungan Hidup (Ibu Menteri berhalangan darang), Mantan Menteri LH Sonny Keraf, Prof Mudrajad Kuncoro Guru Besar UGM dan Akademisi UI serta IPB dan juga Connie R Bakrie Ketua Dewan Perkumpulan Industri Pertahanan Nasional.

Sedangkan dari Lampung dihadiri diantaranya Dr. (C) Bustami Zainudin, SPd, MH, selaku peserta mewakili Forum DKI-Lampung sebagai Ketua IV FDKI Lampung. Dan Ginta Wiryawan yang juga hadir sebagai peserta undangan dari Lampung yang juga pernah sebagai Narasumber pada saat beberapa kali FGD DKI Lampung. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi