oleh

Program KB Berhasil, Pesawaran Raih Manggala Karya Kencana

radarlampung.co.id – Kerja keras Tim Penggerak PKK bersama Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk meningkatkan peserta KB aktif membuahkan hasil. Ini membawa kabupaten berjuluk Andan Jejama tersebut meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari pemerintah pusat. Penyerahan rencananya dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Kalimantan Selatan, awal Juli mendatang.

“Alhamdulillah, mendapat penghargaan MKK. Nanti pak bupati bersama ibu yang langsung menerima penghargaan atas keberhasilan program KB tersebut pada puncak Harganas di Kalimantan Selatan, 5 Juli nanti,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesawaran Maisuri, Kamis (27/6).

Menurut dia, pemerintah pusat menilai program pengendalian kependudukan dan keluarga berencana untuk 144 desa di Pesawaran telah berhasil. Beberapa indikator di antaranya capaian peserta KB aktif di Pesawaran telah mencapai 71 persen dari target minimal 69 persen.

“Tim Penggerak PKK sangat berperan dalam mendukung program KB tersebut. Nah, pencapaian 71 persen itu dari seluruh pasangan usia subur (PUS). Mengapa tidak bisa mencapai 100 persen, karena pada PUS kan, masih terdapat ibu yang hamil,” ucapnya.

Indikator lainnya, dari angka Total Fertility Rate (TFR) atau angka kelahiran yang sebelumnya 2,6 kini turun menjadi 2,3 serta pencapaian peserta KB baru.

Selain MKK, puncak Harganas yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo juga akan diserahkan penghargaan Piala Pakarti bagi kabupaten yang menjadi juara lomba Kesrak-PKK-KB-Kesehatan-PPKBD tingkat nasional

“Tempo hari, kita masuk nominasi enam besar nasional. Mudah-mudahan kita meraih juara pertama. Kita masih menunggu informasi lebih lanjut, untuk kabupaten yang meraih juara lomba Kesrak tersebut,” pungkasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi